image_pdf


Malang-
 Tax Center Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak Jatim III terkait wajib pajak untuk warga UM, khususnya para tenaga kependidikan dan kepegawaian UM. Kegiatan Pengisian E-SPT bersama dengan Tax Center FE UM yang berlangsung kurang lebih selama 7 jam ini mendapat respon positif dari berbagai pihak, khususnya para tenaga kependidikan dan kepegawaian UM. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini (19-20/03) ini bertujuan untuk membantu para tenaga kependidikan dan kepegawaian UM dalam melakukan pengisian E-SPT secara online dan mensosialisasikan pentingnya wajib pajak di UM.

Kegiatan ini berisi mengenai pelayanan dari Dirjen Pajak Jatim III dengan Tax Center untuk warga UM terutama wajib pajak di lingkungan UM. Melalui hal tersebut direktorat jenderal pajak memberi fasilitas yang maksimal kepada UM. Target pelaksanaan pada acara tersebut ialah untuk lebih memaksimalkan dalam penguasaan pengisian SPT yang diadakan setiap tahunnya. Ketua pelaksana dari acara tersebut menyampaikan harapannya terkait hal ini “Kegiatan ini tidak dilaksanakan secara berkumpul di satu tempat, tetapi bisa dikerjakan di unit masing-masing tanpa meninggalkan kewajiban di UM,” ujar Yogi Dwi Satrio.

Selain itu, Yogi juga memaparkan bahwa “Ada dua kondisi pada saat pengisian pajak yaitu pada saat dosen maupun tendik ingat password, maka cukup membawa bukti potong dari bendahara pusat. Kemudia kondisi kedua dimana dosen/tendik lupa password, jadi yang perlu ditelusuri ialah kode unik yang diperoleh dari DCT, jika kode unik pun lupa, maka dimohon untuk membawa NPWP asli dan KK asli beserta fotokopinya untuk disingkronkan oleh Dirjen Pajak”, jelasnya.

Kegiatan ini juga menjadi tempat mahasiswa dari jurursan ekonomi, akuntansi, dan manajemen untuk belajar mengenai metode-metode pengisian pajak secara manual maupun online. Mahasisawa dari ketiga jurusan di Fakultas Ekonomi (FE) itu tergabung dalam satu komunitas yaitu Tax Lovers Community (TLC). Para mahasiswa itu menjadi relawan pada acara pengisian E-SPT tersebut. Mahasiswa yang menjadi relawan pada acara tersebut tidak semerta-merta mengajukan dirinya, melainkan 32 mahasiswa itu telah menjalani tes yang diberikan oleh Dirjen Pajak Jatim III.

Pewarta           : Salsabila Indana – Internship Humas UM