image_pdf

Untuk menciptakan bangsa yang tangguh, diperlukan pondasi yang kuat dari dalam diri masyarakatnya, terutama aparatur negara. Nilai-nilai pancasila sebagai ideologi negara harus diimplementasikan dalam menjalankan tugas. Oleh karena itu, Unit Layanan Terpadu (UPT) Laboratorium Pancasila (Lapasila) Universitas Negeri Malang (UM) lakukan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyukseskan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Regional II Tahun 2023. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan dalam momentum Rapat Penguatan Stakeholder P3PD Regional II pada Selasa (12/09) di Ijen Suites Resort & Convention Malang.

Universitas Negeri Malang (UM) lakukan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

P3PD sendiri adalah program yang diinisiasi oleh Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kualitas aparatur pemerintah desa. Hal ini dilakukan dalam rangka memperbaiki tata kelola pemerintahan, meningkatkan kualitas belanja dan pembangunan desa di seluruh Indonesia. Rapat Penguatan Stakeholder P3PD Regional II merupakan salah satu rangkaian untuk menyukseskan P3PD dari Sabang sampai Merauke.

Dalam hal ini, UPT Lapasila UM sebagai satu-satunya Laboratorium Pancasila di Indonesia tidak tinggal diam. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pemerintah desa adalah dengan mengoptimalkan implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menjalankan tugas negara. Kerja sama antara UPT Lapasila UM dan Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri ini dilakukan untuk mengoptimalkan aktualisasi nilai-nilai pancasila.

Ketua UPT Lapasila UM, Dr. Lusiana Margareth Tijow, S.H., M.H., mengungkapkan hasil dari kerja sama ini dapat dilihat dalam kegiatan Kemah Pancasila yang akan dilaksanakan pada Oktober 2023. Desa yang akan menjadi lokasi kemah tersebut akan menjadi desa tematik pancasila. Selain itu, akan dilakukan kerja sama dengan pemerintah desa yang akan menjadi tempat kemah untuk meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan.

“Melalui Kemah Pancasila itu, UPT Lapasila UM berkontribusi penuh dalam meningkatkan nilai pancasila dan juga membangun nilai-nilai kebudayaan lokal di desa tersebut. Hal ini nantinya dapat meningkatkan kualitas aparatur desa yang ada di sana,” ujarnya.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial itu berharap kerjasama ini dapat menguatkan pondasi aparatur pemerintah desa dengan implementasi nilai-nilai pancasila. “Untuk membangun sebuah bangsa yang baik, tentunya berawal dari implementasi ideologi negara dalam perilaku dan moralitas kita,” pungkasnya.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah