image_pdf
Hasil Lomba Mewarnai

Nganjuk. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) pulang kampung Universitas Negeri Malang (UM) bekerjasama dengan Taman Kanak-Kanak (TK) dan kelompok belajar Desa Balongrejo untuk mengadakan lomba mewanai secara daring. Lomba yang mengusung tema edukasi covid-19 pada buku pembelajaran ini diikuti oleh anak TK dan PAUD di desa tersebut pada Senin (15/6). Buku mewarnai ini merupakan hasil yang telah dirancang oleh tim KKN Desa Balongrejo yang kemudian diserahkan kepada masing-masing peserta.

Adanya pandemi covid-19 ini membuat berbagai aktifitas terjeda sementara atau dialihkan melalui kegiatan yang serba online dan dikerjakan di rumah masing-masing. Tentunya hal tersebut membuat anak merasa bosan, khususnya anak PAUD dan TK, apalagi dengan tugas rumah yang tidak terlalu banyak. Melihat kondisi tersebut lomba mewarnai adalah hal yang cocok untuk mengisi waktu luang anak. Lomba ini dikemas dan diselenggarakan secara daring melalui grub Whatsapp, sehingga tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah saja..Selain mendapat hadiah, mereka juga teredukasi tentang bahaya Covid-19.

“Tujuan dari perlombaan mewarnai ini agar anak dapat mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat,” tutur salah satu anggota perancang buku.

Juara Mewarnai diberi Hadiah

Kepala Sekolah TK Pertiwi Balongrejo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, Ibu Sutanti juga merasa senang dengan kegiatan lomba yang dilakukan oleh mahasiswa UM ini. “Terima kasih kepada mahasiswa UM yang telah melakukan kegiatan mewarnai. Anak-anak sangat antusias sekali apalagi orang tuanya juga semangat, mereka mendukung kegiatan ini. Apa yang menjadi alasan Mahasiwa UM mengabdi di Desa Balongrejo membuat buku bergambar dan melakukan kegiatan lomba mewarnai bagi anak TK dan PAUD.” tutunya.

Kegiatan anak-anak yang aktif serta wabah pandemi membuat mahasiswa UM ini sadar harus melakukan hal yang dapat mengedukasi anak-anak tentang bahaya covid-19 yaitu dengan memberikan buku bergambar yang berisikan tentang pembelajaran covid-19. Di dalam juga terkait bagaimana anak-anak harus memakai masker ketika keluar rumah dan menjaga jarak, serta lain sebagainya.

Hal itu sejalan yang diungkapkan oleh Yulianto selaku kordes, “Kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi anak dan mereka paham dengan bahaya Covid-19.” ujarnya.

Pewarta           : Rifqi Hayyinul Ula, Riska Febrianti

Pewarta Foto   : KKN Pulang Kampung Nganjuk