image_pdf
Dr. C. Agus Sunandar S.Pd, M.Sn.

Malang. Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) sukses gelar Webinar Series I AM FT #49 yang dilaksanakan pada Rabu (15/09) dengan tema “Sustainability in Fashion”. Webinar Series ini diselenggarakan untuk memeriahkan milad FT UM  ke 56 tahun. Dalam webinar tersebut menghadirkan pembicara handal yaitu Dr. C. Agus Sunandar S.Pd, M.Sn. yang merupakan desainer sekaligus aktivis di bidang fashion baik secara nasional maupun Internasional.

Rizki Y.P. S.Pd, M.Pd selaku moderator mengatakan bahwa fashion memainkan peran utama dalam ekonomi global, tak hanya itu fashion sendiri menjadi salah satu industri yang paling intensif sumber daya di dunia. “Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengambil segala pengetahuan dan manfaat agar nantinya dapat berkreasi, dan berinovasi melalui berbagai desain,” tambahnya.

Dilanjutkan pemaparan materi oleh pembicara yaitu Dr. C. Agus Sunandar S.Pd, M.Sn. yang pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa fashion merupakan dunia kreatif. Industri fashion saat ini berkembang pesat, sehingga menyebabkan fashion menempati peringkat kedua setelah pangan. “Tentu pembahasan mengenai Sustainability in Fashion menarik untuk dibahas, mengingat juga bahwa di Indonesia industri fashion menjadi penyumbang pendapatan negara terbesar kedua setelah kuliner, di luar pendapatan dari sektor migas dan mineral, luar biasa sekali,”  jelas beliau.

Industri fashion yang semakin berkembang tentu mengakibatkan beberapa masalah seperti munculnya polusi, sampah, yang berdampak pada lingkungan. Oleh karena itu pemerintah dengan asosiasi fashion designer menerapkan konsep Sustainability in Fashion. “Konsep Sustainability in Fashion itu sendiri bukan konsep yang baru, di industri luar fashion juga sudah mulai diterapkan konsep ini dengan menekankan bagaimana ketika industri fashion tetap berkembang, namun masalah masalah yang mucul bisa teratasi. Diharapkan ke depannya semakin banyak orang kemudian menyadari dampak buruk dari industri fast fashion dan beralih ke sustainable fashion. Setiap langkah kecil berarti, sebab bila dilakukan bersama-sama maka akan membawa gelombang perubahan besar” pungkasnya. Pewarta           : Rizka P – Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Indonesia UM)