image_pdf
Pemaparan materi oleh Prof. Dr. Tee Tze Kiong (UTHM, Malaysia)

Malang. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM) sukses gelar Webinar Series I AM FT #56 yang dilaksanakan pada Jum’at (29/10) secara virtual melalui Zoom meeting dan streaming youtube. Webinar Series ini diselenggarakan dengan menghadirkan narasumber handal yaitu Prof. Dr. Tee Tze Kiong (UTHM, Malaysia) dalam Problem Solving Skills in the Era of Global Education” dan bersama Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd (Dosen Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang) dalam headtag “Engineering Learning & Vocational Education (ELVE) Dalam Peranannya Menyongsong Society 5.0” 

Diketahui International Academic Mobility for Frontier Technology (I AM FT) merupakan salah satu program yang dirancang untuk mempromosikan seluruh potensi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang melalui berbagai kegiatan yang mampu meningkatkan daya saing dan kontribusi Fakultas Teknik di seluruh dunia, serta membangun dan bersinergi dengan mitra luar negeri untuk memperkuat potensi mobilitas dan keunggulan Fakultas dan Jurusan Teknik di tingkat nasional. 

Pada narasumber pertama Prof. Dr. Tee Tze Kiong (UTHM, Malaysia) menjelaskan bahwa problem solving skill sangatlah penting dalam membantu manusia mengatasi berbagai permasalahan dalam kehidupan akibat adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. “Ide pemikiran manusia yang kreatif, inovatif, dan imajinatif akan berkaitan dengan kemampuannya dalam problem solving, sehingga akan sangat berguna dalam kehidupan dan membantu dalam segala keperluannya” jelas beliau.

Dilanjutkan dengan narasumber selanjutnya yaitu Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd (Dosen Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang) yang mengatakan bahwa dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM di Era Society 5.0. Di dunia pendidikan yang sudah menggunakan berbagai teknologi digital yang canggih, pendidik harus mendorong peserta didik untuk membangun kreativitas dan berpikir kritis. “Teknologi bukan hanya sarana bermain dan berkomunikasi saja, akan tetapi teknologi dipakai untuk sarana belajar, hal inilah yang akan memunculkan pikiran kreatif pada si anak” ungkap beliau.

Diharapkan dengan adanya webinar series ini, segala aspek dapat menekuni berbagai skill untuk menghadapi tantangan dunia “kemampuan Critical Thinking, Problem Solving, dan Language Skill harus ditekuni di tiap diri manusia, yang mana akan berdampak pada pengembangan kekuatan diri atau skill self yang merupakan salah satu kemampuan yang sangat diperlukan oleh manusia,” papar Prof. Syaad Patmanthara.

Pewarta           : Rizka Putriana – Internship Humas UM