image_pdf

Malang. Menjelang triwulan ketiga tahun 2019, Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Negeri Malang adakan workshop mengenai Manajemen Resiko dan tindak lanjut pengawasan internal pada Selasa (30/07) di Hotel Aria Gajayana. Workshop yang dihadiri oleh seluruh perwakilan unit kerja UM non akademik tersebut berangsung selama sehari penuh, diisi dengan penyampaian materi dan diskusi.

Dr. H. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak. selaku ketua SPI menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini bertujuan untuk menginformasikan hasil pengawasan atau hasil observasi SPI mengenai aktifitas unit kerja non akademik sampai pada akhir Juni 2019. Selain itu, pihak SPI juga akan melaporkan setiap hasil observasi kepada pimpinan universitas. Tujuan kedua adalah menyusun peta resiko untuk setiap unit dalam skala semesteran. Hasil pengawasan dari SPI ini bersifat rahasia, hanya akan diketahui oleh setiap unit kerja yang bersangkutan.

“Salah satu fungsi SPI adalah Rewarning System, yakni sistem peringatan awal. SPI UM memberikan pengawasan dan peringatan lebih awal serta menjalankan auditnya pada tahun berjalan, sehingga jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan, bisa diperbaiki segera dan merevisinya dengan cepat karena laporan pertanggung jawaban belum diserahkan,” jelasnya.

Sesuai dengan sistem pengawasan audit internal, setiap lembaga diwajibkan memiliki manajemen resiko. “Harapannya setiap unit memiliki peta resiko, sehingga akan kami rangkum menjadi peta resiko universitas,” tambahnya.

“Keberadaan SPI sangat penting di tengah-tengah kita, untuk mengawasi setaip aktifitas agar sesuai dengan aturan yang berlaku. Hasilnya nanti hendaknya bisa menjadi cermin yang bening bagi kinerja kita. SPI bisa juga menjadi klinik dan memberikan dampingan terhadap hal-hal yang dipandang kurang sesuai dengan aturannya,” ujar Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd selaku Wakil Rektor II dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah – Internship Humas UM