image_pdf

Malang. Dampak perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih juga masuk dalam dunia pedidikan, salah satunya media pembelajaran. Di era revolusi industri 4.0, media pembelajaran tentu tidak mau ketinggalan juga termasuk media pembelajaran sejarah. Dalam hal tersebut, Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan workshop tentang pengembangan media pembelajaran sejarah dengan mengangkat tema berbasis animasi. Wokshop yang dilaksanakan hari Jum’at (20/09) bertepatan di Aula HOS Cokroaminoto Lantai 7 Fakultas Ilmu Sosial (FIS) di ikuti sekitar 65 mahasiswa jurusan sejarah angkatan 2017-2019.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut, menghadirkan 2 pemateri yang ahli dalam bidang animasi yaitu Puryanto, S.ST., M.Ds sebagai pemateri pertama dan Arif Sutrisno S.Sn., M.Ds sebagai pematari kedua. Workshop ini dibagi kedalam dua sesi, yaitu sesi pemaparan materi yang dilakukan sampai jam 11.00 WIB, untuk sesi kedua yaitu praktik secara langsung dilakukan setelah sholat jumat sekitar jam 13.00-14.00 WIB.

Kegiatan workshop ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana dan Ketua Jurusan Sejarah yang sekaligus membuka kegiatan ini. Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan materi. Dan dilanjut dengan praktik secara langsung dan didampingi oleh pemateri.

Selaku ketua pelaksana, Lutfiah Ayundasari, S.Pd., M.Pd menyampaikan hal dalam sambutannya.

“Tema ini merupakan tema yang cocok dikalangan sekarang dan media yang menjadi tren saat ini yaitu animasi. Semoga workshop ini memberikan bekal untuk mahasiswa jurusan sejarah sekitar 65 mahasiswa dari angkatan 2017-2019. Kuota ini sangat terbatas karena memang memilih mahasiswa yang benar-benar minat dalam bidang ini. Harapan setelah workshop ini kedepannya dapat diteruskan dan dipersiapkan untuk dijadikan bekal skripsi”

Salah satu peserta workshop, Rizky Very Vadli dari pendidikan sejarah offering A 2018 menyampaikan kesan mengikuti kegiatan ini.

“Pada dasarnya hampir sama seperti lihat tutorial di youtube sih, namun kalo di workshop ini bisa ikut secara live dan jika kurang paham langsung bisa di tanyaka pada ahlinya. Wpkshop ini sangat menarik dan mendapatkan pengetahuan yang baru tentang media pembelajaran yang dapat diaplikasikan ke dalam sejarah, mulai dar 2D dan 3D. Selain itu juga diajari bagaimana membuat animasi untuk media pembelajaran sejarah secara langsung”

Pewarta : Riki Pratama- Intenship Humas UM