image_pdf
Wakil Direktur SPs UM, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I membuka Briefing Kepanitiaan dan Pengawasan Ujian Tulis Berbasis Komputer  untuk Ujian Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) bagi Guru Tertentu Gelombang 1 Tahun 2024.

Malang, 20 September 2024 – Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Briefing Kepanitiaan dan Pengawasan Ujian Tulis Berbasis Komputer  untuk Ujian Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) bagi Guru Tertentu Gelombang 1 Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Ijen Suites Resort & Convention Malang, dengan diikuti oleh sekitar 270 orang panitia yang terdiri dari tim Koordinator Pengawas, serta para Pengawas, dan sekretariat.

Guru Tertentu merupakan peralihan dari PPG Daljab. Mulai tahun 2024 para guru yang saat ini belum menempuh PPG akan didorong secara berkala untuk menempuh PPG BGT yang sistem pembelajaranya daring melalui Platform merdeka mengajar.

Suasana Briefing Kepanitiaan dan Pengawasan Ujian Tulis Berbasis Komputer  untuk Ujian Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) bagi Guru Tertentu Gelombang 1 Tahun 2024

Tujuan briefing ini memberikan pemahaman mendalam terkait tugas dan tanggung jawab panitia serta pengawas dalam pelaksanaan ujian. Sekaligus uji coba kepada peserta ujian. Dengan pengarahan ini, diharapkan seluruh peserta memahami prosedur, peraturan, serta teknis pelaksanaan UTBK UKPPPG, sehingga proses ujian berjalan lancar, transparan, dan sesuai standar yang telah ditetapkan.

Wakil Direktur SPs UM, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I menyampaikan perlunya dukungan, tanggungjawab, dan kesabaran para pengawas untuk kelancaran ujian para peserta.

“pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu semua yang berkenan untuk menjadi koordinator pengawas dan pengawas UKPPPG bagi Guru Tertentu batch 1 tahun 2024. Jumlanhya sekitar 6.000 peserta, dan insyaallah akan ketemu dengan Bapak/Ibu lagi pada UKPPPG BGT batch 2 dan batch 3 yang jumlahnya akan lebih banyak lagi,” jelas Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I.

Guru Besar Sastra Arab FS UM ini juga berharap seluruh panitia, koordinator pengawas, dan pengawas dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab, dan penuh kesabaran.

‘’Kegiatan ini adalah bagian dari komitmen UM dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui penyediaan guru-guru yang kompeten. Pemerintah bertekad menuntaskan PPG BTG (guru dalam jabatan) secara nasional ditahun 2024 ini. Jumlah guru secara nasional yang belum tersertifikasi sekitar 1,2 juta guru,’’ tambahnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi PPG SPs UM, Dr. Muhammad Alfan,S.Pd, M.Pd, juga menekankan pentingnya peran setiap panitia dan pengawas dalam menjaga ketertiban dan kelancaran ujian.

Acara dilanjutkan pemaparan teknis UKPPG kepada para koordinator pengawas dan pengawas. Para pengawas juga diberikan kesempatan untuk mengklarifikasi peran mereka dalam pelaksanaan UTBK UKPPPG, guna memastikan kesiapan dan kesuksesan pelaksanaan ujian.

Pewarta : Suhardi -Humas UM