image_pdf
Kegiatan Menara KB dan TK Lab. UM dilingkungan kampus Universitas Negeri Malang

Poor – Kamis, 17 Oktober 2024, Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah kegiatan Outing Class yang digelar oleh Kelompok Belajar (KB) dan TK Lab UM. Kegiatan yang diikuti oleh 107 siswa dari lima kelas ini mengusung tema “Menara Mencari Harta Karun” sebagai bagian dari gerakan pramuka pra siaga. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pada lingkungan UM melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Acara dibuka dengan apel pagi di lapangan KB dan TK Lab UM. Setelah itu, para siswa diajak ke area Museum Pendidikan UM untuk mengikuti berbagai permainan outbound, seperti estafet karet dan mencari batu permata. Kegiatan ini dirancang untuk melatih konsentrasi, keberanian, dan kerja sama siswa.

“Kami ingin memperkenalkan lingkungan UM kepada siswa sejak dini. Melalui kegiatan ini, mereka juga diajak belajar keberanian dan kerjasama,” ujar Rahayu Asyhari, S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah KB dan TK Lab UM, yang akrab disapa Miss Ayu.

Jasmine Eunike, salah satu pendamping kegiatan, menambahkan, “Kami merancang kegiatan ini agar lebih menarik dan menyemangati anak-anak. Pengalaman ini menjadi bekal berharga bagi kami sebagai calon pendidik.”

Selain permainan, siswa juga diajak mengunjungi Graha Rektorat UM untuk berfoto bersama dan mengenal lebih dekat gedung-gedung kampus melalui maket miniatur. Kegiatan ini menjadi sarana pembelajaran berbasis pengalaman, yang bertujuan mengembangkan kemampuan sosial dan partisipasi aktif siswa.

Kegiatan ditutup dengan upacara penutupan yang khidmat, di mana seluruh peserta mengucapkan janji pramuka bersama. Setiap kelompok juga mendapat bingkisan sebagai apresiasi atas partisipasi mereka. Acara ini tak hanya memperkuat nilai-nilai kerjasama dan keberanian, tapi juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan kualitas pendidikan.

Pewarta: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Foto: Ahmad Afandi Ismail – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM