image_pdf
Prof. Dr. Ibrohim, M.Si. Ketua Tim pengembang website insightful hub

Poor – Melalui inovasi teknologi terbarunya, Insightful Hub, Universitas Negeri Malang (UM) memperkenalkan platform daring yang menghubungkan dosen pembimbing, guru pamong, dan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG). Resmi diluncurkan pada Jumat (25/10), platform ini menyuguhkan solusi praktis berbasis Disruptive Learning Innovation (DLI), guna mendukung kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan cara yang lebih modern dan efektif.

“Proses reflektif dalam PPL selama ini masih bersifat manual dan kurang efisien. Dengan Insightful Hub, kami berharap mahasiswa PPG bisa lebih mudah berkolaborasi dengan dosen dan guru pamong, sehingga mampu meningkatkan kualitas pengajaran mereka di lapangan,” ujar Prof. Dr. Ibrohim, M.Si., ketua tim pengembang dari UM.

Insightful Hub memanfaatkan teknologi data dan kecerdasan buatan (AI) untuk memfasilitasi refleksi yang lebih terstruktur dan bermanfaat. Melalui platform ini, mahasiswa dapat merekam, menganalisis, dan merefleksikan pengalaman mereka selama PPL dengan bimbingan yang lebih sistematis dari dosen dan guru pamong. Dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 tentang pendidikan berkualitas, platform ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme calon guru serta mendukung pencapaian pendidikan berkualitas dan inklusif.

Platform ini juga dilengkapi fitur analitik berbasis data yang memungkinkan pemantauan kemampuan reflektif mahasiswa secara real-time. Dengan begitu, dosen dan guru pamong dapat memberikan umpan balik yang lebih tepat sasaran, sementara mahasiswa mendapatkan pemahaman mendalam tentang kekuatan dan kelemahan mereka dalam mengajar.

Menurut Prof. Ibrohim, penggunaan AI memungkinkan sistem memberikan analisis otomatis tentang metode pengajaran mahasiswa, yang dapat dioptimalkan sesuai kebutuhan siswa. “Kami optimis Insightful Hub dapat menjadi solusi praktis dan inovatif dalam meningkatkan kualitas calon guru, khususnya di tengah tantangan era digital,” tambah Prof. Ibrohim.

Sebagai bentuk perlindungan terhadap inovasi ini, tim pengembang berencana mengajukan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk Insightful Hub. Diharapkan, platform ini menjadi wadah andalan yang mampu mempererat sinergi antara akademisi, praktisi di sekolah, dan calon guru, guna menciptakan pendidikan yang lebih berkelanjutan dan berkualitas.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM