image_pdf
Dr. Evi Eliyanah saat diwawancarai wartawan media massa

Assalamu’alaikum wr.wb.

Salam sejahtera.

Saat ini ada 6 orang mahasiswi Jurusan Pendidikan bahasa Mandarin, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh program 3+1 Exchange di Guang Xi Normal University, Guilin, China. Mereka adalah:

  1. Cindy Wahyuning Tyas – 金雪丽
  2. Fienita Amani – 马芬妮
  3. Naila Safitri – 费欣
  4. Nasya Putri Harjuansari – 娜西亚
  5. Nisa Ilma damano -睿丽
  6. Nurul Izzah – 韩努璐

Ke-enam mahasiswi tersebut seharusnya berada di GXNU selama 2 semester terhitung sejak September 2019 dan akan kembali setelah program selesai pada bulan Agustus 2020. Sejak merebaknya virus nCov 2019, atau yang biasa disebut dengan virus novel Corona di Wuhan, China pada 23 Januari 2020, aktifitas seluruh mahasiswa di China termasuk di GXNU provinsi Guilin yang letaknya kurang lebih 900 km juga dibatasi untuk menjaga agar mereka tidak terpapar virus tersebut.

Namun karena gentingnya situasi, dimana terjadi ekskalasi jumlah penderita baik di episentrum maupun di wilayah lain di China, UM terus berkoordinasi dengan pihak Guang Xi Normal University terkait dengan keselamatan mahasiswa. Mahasiswa sementara diisolasi di asrama GXNU semenjak dicanangkannya wabah novel Corona sebagai musibah nasional di China. Saat ini ke-enam mahasiswa tersebut dalam keadaan sehat di asrama GXNU dan siap untuk dipulangkan ke Indonesia. Untuk itu, UM sedang berusaha memulangkan mereka dalam waktu dekat, semoga dalam minggu ini ke-enam mahasiswa bisa kembali dengan selamat dan sehat ke Indonesia terlepas dari larangan penerbangan dari China oleh airport di Changi Singapore, yang merupakan bandara hub penting di Asia Tenggara.

Demikian informasi dari UM. Salam hangat.

Wassalamu’alaikum wr.wb. Mewakili Rektor UM,

Direktur Kantor Hubungan Internasional

Dr. Evi Eliyanah