image_pdf

Poor. Universitas Negeri Malang (UM) melalui Program Studi S3 Bimbingan dan Konseling, pada Sabtu (31/07) sukses mengadakan Seminar Daring Nasional bertemakan “Kearifan Lokal dalam Layanan Bimbingan dan Konseling pada Generasi Milenial.” Seminar digelar secara daring menggunakan platform Zoom Meeting serta disiarkan secara langsung melaluli kanal Youtube BK  FIP UM.

Seminar Nasional ini dihadiri oleh 498 peserta yang terdiri dari Mahasiswa S1, S2, S3, Dosen, Guru dan juga masyarakat umum serta 3 Narasumber yaitu Sabrang Mowo Damar Panuluh, BMath., BPhys selaku Seniman, Prof. Dr. Andi Mappiare, AT., M.Pd. selaku Guru Besar BK FIP UM dan Dr. Bakhrudin All HAbsyi, M.Pd. dari Lembaga Olah Kajian Nusantara.

Pemaparan Materi Oleh Prof. Dr. Andi Mappiare, AT., M.Pd

Dalam sambutannya, Dekan FIP UM, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., menyampaikan “satu aspek yang bisa meningkatkan hasil belajar adalah bimbingan yang baik. Oleh karena itu peran daripada Bimbingan dan Konseling ini sangat luar biasa untuk bisa mengoptimalkan hasil belajar siswa”, ujarnya.

Dalam pemaparan materinya, Prof. Dr. Andi Mappiare, AT., M.Pd., mengungkapkan bahwa ada 5 modalitas pribadi konselor Indonesia. Pertama Nilai-nilai yang terdiri dari nilai religious dan etika sosial. Lalu ada sikap dasar yang terdiri dari kondisi yang fasilitatif, pengetahuan yang terdiri dari psikis dan sosial budaya siswa, keterampilan yang terdiri dari kelola diri, kelola hati, teknologi dan terakhir hubungan sosial yang terdiri dari kelola interaksi atau relasional.

Reporter: Muhammad Zaid Al Khair - UM Public Relations Internship