image_pdf
Indah Kurnia Herliani Mahasiswa Departemen Sastra Inggris UM, Penerima Awardee IISMA 2P23 di Palacký University Olomouc, Republik Ceko.

Indah Kurnia Herliani atau yang akrab disapa Indah merupakan mahasiswi Departemen Sastra Inggris Universitas Negeri Malang (UM) angkatan 2020. Mahasiswi asal Blitar ini berhasil membuka lembar sejarah baru dengan mencantumkan namanya dalam deretan penerima awardee program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023 di Palacký University Olomouc, Republik Ceko. Keberhasilannya ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya sendiri, tetapi juga turut menginspirasi mahasiswa lain yang ingin merasakan pengalaman belajar di luar negeri.

Dalam perjalanannya, Indah pertama kali mengetahui program IISMA pada saat menginjak semester tiga. 

“Saat itu sempat ada sosialisasi program mobility ke luar negeri dari Departemen, tapi tidak tahu itu program apa karena masih mahasiswa baru. Nah ternyata itu adalah program IISMA ini,” kenangnya. Meskipun saat itu belum bisa mendaftar karena masih semester tiga, pengalaman beberapa kakak tingkat yang lolos program ini menjadikan Indah terinspirasi untuk mencoba di tahun berikutnya. Berbagai usaha dilakukan oleh Indah dengan serius guna mempersiapkan diri untuk mengikuti program ini. 

Motivasi Indah untuk mengikuti program IISMA ini cukup kuat. Selain ingin merasakan kuliah di luar negeri, program IISMA memberikan berbagai manfaat yang menggiurkan, seperti pembiayaan fully funded serta mengambil mata kuliah interdisipliner setara 20 SKS. Persiapan yang dilakukannya pun tidak main-main untuk menghadapi seleksi secara nasional. Seleksi dilakukan secara bertahap mulai dari seleksi berkas dan essay, dilanjutkan dengan interview dan pengumpulan Curriculum Vitae

“Saya mempersiapkan nilai tes bahasa Inggris (DET/TOEFL IBT/IELTS) sesuai ketentuan kampus tujuan, mempersiapkan pengalaman yang cukup agar bisa ditulis di essay dan CV, serta mengikuti program mentoring IISMA,” jelasnya.

Indah juga menjelaskan bahwa program mentoring yang ia ikuti sudah diwadahi oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) UM. 

“Jadi programnya itu dibimbing oleh alumni-alumni IISMA dan kita mendapat bimbingan dalam menulis essay dan persiapan interview,” terang Indah. 

Palacký University Olomouc dipilih Indah bukan sembarangan dan tanpa alasan. Menurutnya kampus tersebut menawarkan mata kuliah yang menarik dan cocok baginya. Selain itu, Indah juga menyampaikan bahwa kampus ini terletak di Ceko, negara yang terletak di tengah benua Eropa hal ini turut mendorong Indah untuk mencoba belajar di sana. 

Selama di Palacký University Olomouc, Indah mengikuti lima mata kuliah dan guest lecture, serta beberapa kegiatan volunteering, konferensi dan menyelenggarakan dua acara IISMA Challenge yaitu Batik dan Heroes Challenge untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Salah satu pengalaman yang berkesan baginya adalah saat mengikuti guest lecture yang diadakan oleh Department of General Linguistics. “Yang membuat saya kaget adalah mahasiswa yang menjadi peserta acaranya bisa berbicara dan berdiskusi bersama profesornya dengan santai. Bahkan profesornya juga mengakui dan meminta maaf apabila dia tidak tahu mengenai suatu topik atau apabila ia berbicara sesuatu yang salah. Rasanya seperti tidak ada perbedaan derajat atau kedudukan antara mahasiswa dengan profesor, mereka sama-sama belajar,” ungkapnya.

Indah Kurnia Herliani (paling depan, 4 dari kiri) mengikuti Guest Lecturer di Palacký University Olomouc, Republik Ceko.

Pengalaman hidup di Ceko memberikan banyak pelajaran berharga bagi Indah. Ia menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan karena bisa bertemu banyak orang dari berbagai negara dan etnis, serta beradaptasi dengan budaya dan makanan yang sangat berbeda. “Selain itu, saya juga bisa berkenalan dengan orang dari berbagai latar belakang dan memperluas jaringan,” tambahnya.

Menurut Indah, belajar di luar negeri bisa membuka wawasan dan mengubah hidup seseorang. Indah berharap akan ada lebih banyak mahasiswa Indonesia yang memiliki kesempatan untuk belajar di luar negeri. Ia juga memberikan semangat, pesan, serta harap baik bagi mahasiswa secara umum serta khususnya mahasiswa UM. 

Studying in another country broadens your horizons and changes your life,” tutup indah penuh semangat. 

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM 
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM