image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) kembali menorehkan prestasi di Bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Ialah Alini Ghoni Ramadhani Putri yang berhasil meraih juara 3 dalam ajang Kompetisi Presentasi 3 menit yang diselenggarakan pada Jumat (28/06) secara daring oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Gadjah Mada (PPID UGM).

Dalam ajang kompetisi presentasi yang bertemakan “Keterbukaan Informasi Publik” tersebut, Duta KIP UM yang akrab disapa Alini ini mengusung topik presentasi tentang “Aksesibilitas dan Inklusivitas Keterbukaan Informasi Publik di Universitas Negeri Malang melalui Teknologi Digital”. Dia menyampaikan bahwa torehan prestasi melalui ide menarik yang diusungnya ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak termasuk rekan Duta KIP lainnya.

“Ini sebuah ide yang luar biasa, karena ide ini tidak hanya bersumber dari saya tetapi juga hasil ide-ide keren dari teman teman Duta KIP,” ungkap Duta KIP, Alini Ghoni. 

Dalam wawancaranya bersama Tim Humas UM, Alini menyampaikan bahwa untuk meraih juara 3 dalam Kompetisi Presentasi ini tidaklah mudah, sebelumnya para peserta lomba harus mengumpulkan abstrak sebagai penilaian tahap pertama dalam ajang kompetisi ini sebelum akhirnya berlanjut ke babak final. Beberapa hambatan sempat dirasakan Alini, namun dengan usaha, dukungan dan doa pada akhirnya UM berhasil meraih hasil yang cukup memuaskan. 

“Ketika final kemarin, sempat bingung dan sedikit kesulitan mengatur waktu untuk menjelaskan secara rinci apa yang sudah tertulis di salindia saya dalam waktu 3 menit, namun saya terus berlatih, mengasah kemampuan, dan selalu mencari sumber informasi baru,” terang Mahasiswa Program Studi Psikologi tersebut. 

Raihan kemenangan ini tidak lepas dari usaha dan dukungan UM yang telah memberikan pelatihan mengenai hukum, etika dan teknis terkait keterbukaan informasi kepada Duta KIP UM agar dapat memperkuat kapasitas mereka dalam menjalankan tugas sebagai perpanjangan tangan universitas dalam memberikan akses informasi kepada publik.

Alini berharap apapun yang sudah didapatkannya baik di PPID maupun tempat lain bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tidak hanya itu, mahasiswa yang juga baru saja mendapat amanah sebagai Duta Bahasa Jawa Timur Favorit 2024 turut menyampaikan harapan baik untuk PPID UM. 

“Harapan saya, semoga PPID UM sukses selalu dan terus berupaya menggelorakan semangat keterbukaan informasi agar UM menjadi lembaga yang menjunjung tinggi transparansi dan mampu menjaga kepercayaan masyarakat,” tutup  Alini Ghoni.

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM 

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM