image_pdf
Mahasiswa UCMI Malaysia memulai petualangan mereka dalam The Horizon Project di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang.

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) kembali menegaskan komitmennya dalam memperluas jejaring internasional dan meningkatkan pemahaman lintas budaya dengan menyelenggarakan The Horizon Project, bagian dari program Inbound Mobility. Program ini menjadi wujud nyata UM dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada poin ke-4, yaitu “Pendidikan Berkualitas”, dengan memperkuat kolaborasi dan pemahaman antarbudaya.

Kegiatan ini melibatkan 34 mahasiswa dari University College of Management and Information Technology (UCMI) Malaysia yang mengikuti Summer Courses bertemakan Cross Cultural Psychology mulai 29 Juli hingga 3 Agustus 2024. Dalam kurun waktu tersebut, para mahasiswa akan mengikuti serangkaian kegiatan akademik dan budaya yang dirancang khusus untuk mendalami psikologi lintas budaya.

Serangkaian kegiatan tersebut mencakup kuliah umum, diskusi kelompok, lokakarya, dan kunjungan lapangan yang bertujuan memperluas wawasan peserta tentang berbagai dinamika psikologis yang berkaitan dengan perbedaan budaya.

Diskusi kelompok penuh semangat tentang psikologi lintas budaya, salah satu highlight dari Summer Courses 2024.

Ketua Departemen Psikologi UM, Ninik Setiyowati, Ph.D., menyatakan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk mendorong kerja sama internasional dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk merasakan langsung budaya Indonesia sekaligus mempelajari aspek-aspek psikologis yang relevan. “Kami sangat antusias dapat menjadi tuan rumah bagi mahasiswa UCMI Malaysia. Program ini tidak hanya mempererat hubungan antara kedua institusi, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang unik dan mendalam bagi para peserta,” ujarnya.

Di luar kegiatan akademik, para peserta juga akan diperkenalkan dengan berbagai kegiatan budaya yang bertujuan mengenalkan kekayaan budaya Indonesia. Melalui interaksi langsung dengan masyarakat lokal dan partisipasi dalam acara-acara budaya, mahasiswa diharapkan dapat memahami serta menghargai perbedaan dan persamaan budaya yang ada.

Antusiasme mahasiswa: suasana penuh energi selama sesi diskusi lintas budaya di Fakultas Psikologi UM

Program The Horizon Project diharapkan dapat menjadi jembatan yang menghubungkan pemahaman lintas budaya dan membangun kerja sama yang lebih erat di masa depan antara Fakultas Psikologi UM dan UCMI Malaysia. Kegiatan ini juga mendukung visi UM untuk menjadi perguruan tinggi unggul dengan jejaring internasional yang kuat.

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM