image_pdf
Mr. Starink menggunakan Boneka Cakra sebagai salah satu media presentasi dalam menjelaskan materi di Guest Lecturer

Poor—Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar guest lecture bertajuk “Best Teaching Strategies, Communication, and Life Skills” pada Selasa (10/9). Acara yang berlangsung di Ruang Seminar Lantai 2 Gedung A20 ini menghadirkan keynote speaker, Mr. Reinier Starink, guru besar dari Iscte University, Portugal, sekaligus konsultan bisnis dengan keahlian di bidang pendidikan dan komunikasi.

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd., yang menyampaikan pentingnya inovasi dalam pendidikan. “This Guest Lecture is integral to our nation to provide excellence in learning and innovation. Hal ini sejalan dengan visi UM untuk terus berkontribusi dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas,” ujar Prof. Adi.

Selain itu, Ketua Program Studi S2 dan S3 Pendidikan Kejuruan, Dr. Widiyanti, M.Pd., menekankan bahwa tema yang diusung sangat relevan dengan tantangan pendidikan di Indonesia saat ini. “The topic today in the Guest Lecture is bringing opportunities we face in Indonesia. As we continue to reform our educational system and prepare our students for the global workforce,” jelas Dr. Widi.

Dalam presentasinya, Mr. Starink menyoroti pentingnya interaksi dan eksplorasi dalam pembelajaran. “Interaksi is important for delivering how to learn,” ujarnya. Menurutnya, strategi pengajaran yang efektif dapat membantu siswa Indonesia memaksimalkan potensi mereka, terutama dengan diterapkannya kurikulum merdeka yang menekankan fleksibilitas dan kreativitas.

Pendidikan kejuruan menjadi salah satu fokus penting dalam menciptakan life skills yang akan membekali siswa untuk menghadapi dunia kerja global. Mr. Starink juga menambahkan bahwa pendidikan kejuruan tidak hanya mempersiapkan siswa untuk pekerjaan masa kini, tetapi juga untuk menghadapi tantangan di masa depan. “Pengetahuan teknis dan pemikiran kritis sangat dibutuhkan dalam menciptakan perubahan yang positif di dunia,” tambahnya.

Guest Lecture ini juga berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan keempat: pendidikan berkualitas. Melalui inovasi dalam pengajaran, diharapkan dapat lahir tenaga pendidik yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global di dunia pendidikan.

Reporter: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Foto: Karina Azzah Sausan – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM