image_pdf
UM dalam The International Conference on Built Environment in Developing Countries (ICBEDC) 2024 pertegas komitmen perguruan tinggi dukung pembangunan berkelanjutan

Poor— Universitas Negeri Malang (UM) kembali menorehkan prestasi di kancah internasional dengan dipercaya menjadi Co-Host in an event The International Conference on Built Environment in Developing Countries (ICBEDC) 2024. Acara ini merupakan konferensi bergengsi yang mengusung tema pembangunan berkelanjutan, yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam wawancaranya bersama Tim Humas UM, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial Syamsul Bachri, S.Si., M.Sc., Ph.D. menyatakan rasa bangga atas peran penting yang diberikan kepada UM. “Kami merasa senang dan bangga karena UM tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga dipercaya sebagai Co-Host dalam seminar internasional ini,” ujarnya. Kepercayaan ini mencerminkan posisi UM yang terus berkomitmen dalam memberikan kontribusi nyata di bidang pembangunan berkelanjutan, khususnya melalui pendidikan tinggi.

Gelaran kegiatan ini diawali dari kerja sama antara UM dan Universiti Sains Malaysia (USM) selaku penyelenggara utama yang telah terjalin erat sejak lama. Berbagai kegiatan kolaborasi telah sukses diselenggarakan, mulai dari pertukaran mahasiswa, summer course, hingga seminar internasional. Kolaborasi khusus terkait ICBEDC 2024 ini dimulai dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antara Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM dan Housing, Planning and Building (HPB) USM yang berlangsung pada 4 Maret 2024.

Dalam kontribusinya, UM berhasil mengirimkan 11 artikel yang diterima di konferensi ini, semuanya membahas topik keberlanjutan. Tak hanya itu, empat mahasiswa Program Doktor dari FIS UM juga terlibat dalam sesi presentasi sekaligus mengikuti program doctoral student mobility yang menjadi bagian dari konferensi tersebut.

Lebih lanjut, Rektor UM juga menjadi keynote speaker dalam acara ini. Beliau memaparkan materi tentang peran perguruan tinggi dalam mendukung pencapaian lingkungan yang berkelanjutan, sebuah topik yang sangat relevan dengan agenda global SDGs. “Pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam menciptakan inovasi-inovasi yang mendukung pembangunan berkelanjutan,” tegas Syamsul Bachri.

Peran UM dalam ICBEDC 2024 ini menjadi bukti nyata kontribusi kampus dalam mendukung pencapaian SDGs, khususnya di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, sekaligus memperkuat hubungan kerja sama internasional demi masa depan yang lebih baik.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM