image_pdf

Pada Selasa (02/07) ajang Asean University Games 2024 untuk cabang olahraga badminton kejuaraan individu memasuki babak final. Tensi permainan semakin memanas dalam babak final ini, para atlet menampilkan permainan terbaiknya dengan maksimal untuk memperebutkan medali emas, perak dan perunggu. Pertandingan yang digelar di Graha Cakrawala UM ini berbeda dengan babak penyisihan yang diikuti oleh empat negara. Sedangkan pada babak final ini hanya terdapat tiga negara yang bersaing untuk memperebutkan medali yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand. 

Dalam perebutan medali emas kejuaraan individual ini, terdapat lima kategori pertandingan badminton yakni, kategori ganda putra, ganda putri, ganda campuran, tunggal putra dan tunggal putri. Pemain yang berhasil meraih medali emas berasal dari Malaysia dan Thailand. Berikut ini adalah nama-nama peraih medali emas pada kompetisi cabor badminton kejuaraan individu: 

1. Kategori ganda campuran : Yee Hern Wee / Qi Xuan Ng (Malaysia)

2. Kategori ganda putra : Tien Ci Wong / Xun Liew (Malaysia)

3. Kategori ganda putri : Atitaya Povanon / Chasinee Korepap (Thailand)

4. Kategori tunggal putra : Nachakorn Pusri (Thailand)

5. Kategori tunggal putri : Pornpicha Choeikeewong (Thailand)

Pada final kali ini, Thailand unggul dengan raihan tiga medali emas. Atlet badminton Thailang atas nama Pornpicha Choeikeewong, meraih medali emas pada kategori tunggal putri. Dia merasa senang atas peraihan medali emas tersebut.  Saat diwawancarai oleh Tim Humas UM, Pornpicha mengungkapkan kompetitor terberatnya adalah Indonesia. “The Indonesian Team is the toughest competitor because each individual has good skills,” jelasnya. 

Tidak jauh beda dengan Pronpicha, atlet dari Malaysia atas nama Yee Hern Wee meraih medali emas pada kategori ganda campuran. Dia juga mengungkapkan kompetitor terberatnya selama bertanding saat diwawancarai oleh Tim Humas UM. “Saya rasa yang paling susah tadi lawan Indonesia ketika final, karena mereka juga bagus,” ucap Yee Hern Wee.

Selain itu, Qi Xuan Ng, rekan bertanding bersama Yee Hern Wee mengungkapkan bahwa dia sudah menyangka mereka akan mendapatkan medali emas. “Saya menyangka akan mendapatkan gold medal karena tadi kami rasa saat bertanding juga sangat sengit, tim lawan menang 1 set di awal dan kami menang 1 set berikutnya. Pada set 3 kami unggul, rasanya sangat senang,” ujar Qi Xuan Ng. 

Walaupun hanya mendapatkan medali emas pada 2 kategori, Ketua pelatih Tim Malaysia Rashid Sidek mengungkapkan rasa syukur dan bangga dengan para atlet. “Target kami mendapatkan tiga emas, tapi kami hanya dapat dua. Walaupun begitu syukur Alhamdulillah kami masih mendapatkan emas. Para atlet juga sudah memberikan komitmen dan bermain dengan terbaik,” ungkapnya saat diwawancarai oleh Tim Humas UM. 

Rashid pun juga menyampaikan bahwa fasilitas dan sarana prasarananya mulai dari lapangan, pencahayaan lapangan, media publikasi yang aktif di Universitas Negeri Malang (UM). “Fasilitasnya bagus, lapangannya bagus, dan saya suka cuacanya,” jelas pelatih Malaysia tersebut. 

Pewarta: Rimala Maulina – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM