image_pdf
Mahasiswa Teknik Mesin UM saat mengikuti Pekan Orientasi Mahasiswa (POROS MESIN) 2024

Poor – Departemen Teknik Mesin dan Industri (TMI) di bawah Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menyelenggarakan Pekan Orientasi Mahasiswa (POROS MESIN) 2024 pada Minggu (27/10. Acara digelar di Parkiran Kuning Gedung D19 Ambarawa yang diikuti oleh 458 mahasiswa baru dengan tujuan memperkenalkan dunia perkuliahan Teknik Mesin dan Industri sekaligus mempererat solidaritas di antara para mahasiswa baru.

Acara dimulai dengan sambutan dari Redyarsa Dharmabintara, S.T., M.Sc., dosen sekaligus pembimbing Himpunan Mahasiswa Departemen TMI. Redyarsa menekankan pentingnya kegiatan ini dalam membangun kebersamaan dan semangat solidaritas di lingkungan kampus. “Kami berharap mahasiswa baru tidak hanya mengenal lingkungan perkuliahan, tetapi juga siap berkontribusi aktif di Departemen Teknik Mesin dan Industri,” ujarnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen TMI, Arya Menggala, turut menyampaikan pandangannya mengenai program ini. “POROS MESIN adalah program tahunan yang memperkenalkan mahasiswa pada kehidupan kampus, terutama di lingkup organisasi mahasiswa Teknik Mesin,” jelas Arya. Ia menambahkan, mahasiswa baru juga dikenalkan dengan berbagai organisasi dan peluang aktivitas yang cakupannya luas, memberikan gambaran komprehensif tentang kehidupan di Departemen TMI.

Berbagai kegiatan menarik disiapkan dalam rangkaian POROS MESIN, termasuk pengenalan Himpunan Mahasiswa Departemen TMI, materi Forum Wilayah 7A and Forum Mahasiswa Mesin Indonesia (FMMI), serta pemaparan materi PM 3. Salah satu sorotan utama acara ini adalah pemilihan ketua angkatan, yang dilakukan secara demokratis oleh mahasiswa baru. Proses pemilihan berlangsung lancar, dan Arief Rizky Dias Sucipto terpilih sebagai ketua angkatan 2024.

Acara ini tidak hanya bersifat orientasi, tetapi juga mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDGs 4 yang berfokus pada pendidikan berkualitas. Melalui pengenalan kehidupan kampus yang lengkap, POROS MESIN diharapkan membantu mahasiswa baru mengembangkan potensi akademik dan sosial mereka, sebagai bekal dalam menghadapi tantangan masa depan.

Arya menambahkan, “Semoga dengan pengalaman di POROS MESIN ini, mahasiswa baru semakin memahami pentingnya berkontribusi dalam komunitas dan terus meningkatkan kemampuan diri.”

Dengan semangat kebersamaan yang kuat, POROS MESIN 2024 menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru TMI UM untuk membangun fondasi pendidikan berkualitas yang mendukung masa depan berkelanjutan. Inilah awal perjalanan yang akan membawa mereka tak hanya sebagai pelajar, tetapi juga calon pemimpin yang siap berkontribusi bagi bangsa.

Penulis: Niken Sukmaningrum Putri Wibowo – Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM