image_pdf

Secara resmi, kegiatan Bela Negara dibuka oleh Kaprodi PPG yang juga menjadi inspektur upacara Dr. Muhammad Alfan, S. Pd., M. Pd. dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan. Dalam sambutannya, Dr. Alfan berpesan kepada para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan dengan baik, serius dan perasaan yang gembira. Dr. Alfan juga menyampaikan bahwa dengan kegiatan bela negara yang diadakan selama dua hari ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap nasionalis dan toleransi.

“Mohon teman-teman semuanya mengikuti kegiatan dengan enjoy namun tetap aktif. Dan semoga setelah pulang dari sini jiwa nasionalisme kalian meningkat. Mampu memahami perbedaan sehingga tidak ada sekat yang tersisa di antara sesama mahasiswa. Diharapkan juga dengan diadakannya bela negara ini menjadi pribadi yang optimis, visioner dan terbentuk menjadi seorang guru profesional,” tutur Dr. Alfan dalam sambutannya.

Sejalan dengan Dr. Alfan, penanggungjawab kegiatan Dr. Slamet Arifin juga menyampaikan esensi dari kegiatan bela negara yang diselenggarakan bagi para mahasiswa PPG. Menurut Dr. Slamet, kegiatan bela negara merupakan upaya mencetak guru profesional yang berjiwa pancasila. Hal ini sejalan dengan cita-cita PPG UM yaitu menciptakan mahasiswa yang cerdas, sinergis dan inovatif.

“Kegiatan ini termasuk dalam penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara. Nanti mahasiswa akan diberikan materi kepemimpinan, nasionalisme, pancasila dan pendidikan karakter. Dengan diberikan materi tersebut diharapkan akan membentuk jiwa nasionalisme para calon guru profesional,” papar Dr. Slamet dalam sesi wawancara bersama Tim Humas UM.

Upacara pembukaan ditutup dengan foto bersama mahasiswa PPG dan Kaprodi PPG Dr. Muhammad Alfan. Usai upacara pembukaan, para mahasiswa PPG mengikuti serangkaian kegiatan bersama Komandan dan Panitia Lanal. Kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa ini ialah materi nasionalisme, kepemimpinan, pembinaan karakter melalui yel-yel, pembinaan karakter melalui PBB, wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila.

Kegiatan Bela Negara akan dilanjutkan pada Minggu (30/06) dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bermakna seperti fun game. Para mahasiswa mengikuti kegiatan dengan penuh antusias dan semangat.

Pewarta : Inayah Amalia Taufani – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM