image_pdf
Wawancara dr. Ifa Mufida PIC dari Cakralokacita bersama dengan Tim Humas UM

Universitas Negeri Malang (UM) menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-70 sekaligus Lustrum XIV. Salah satu acara unggulan adalah Cakralocita: Seminar Kesehatan Mental dan Donor Darah, yang akan berlangsung pada Rabu-Kamis, 18-19 September 2024, di Sasana Budaya UM.

Menurut dr. Ifa Mufida, Kepala Klinik Pratama UM sekaligus penanggung jawab beberapa kegiatan kesehatan dalam Lustrum XIV, seminar ini menjadi pembuka acara donor darah yang direncanakan rutin setiap tiga bulan sekali oleh Klinik Pratama UM. “Seminar kesehatan mental ini merupakan bagian dari rangkaian Lustrum XIV sekaligus pembukaan acara donor darah yang akan kami lakukan secara berkala,” ujar dr. Ifa saat diwawancarai Tim Humas UM pada Kamis (15/08).

Seminar yang sejalan dengan tema Lustrum XIV, “Sehat Bahagia, Prestasi Mendunia”, terbuka untuk seluruh civitas akademika UM serta masyarakat umum, termasuk siswa-siswa SMA di Kota Malang. “Seminar kesehatan mental ini terbuka bagi siapa saja, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik,” tambah dr. Ifa.

Cakralocita: Seminar Kesehatan Mental ini akan menghadirkan dua narasumber ahli, yaitu Dr. Heti Rahmawati, S.Psi., M.Si, dosen Psikologi UM sekaligus Kepala Pusat Bimbingan Konseling, Karir, dan Kewirausahaan (PBK3), serta dr. Aziza Matinu Karima, Sp.KJ., dokter spesialis kejiwaan.

Kegiatan Lustrum XIV dan Dies Natalis ke-70 UM didasarkan pada komitmen UM untuk menjadi World Class University serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam konteks ini, seminar kesehatan mental tersebut sejalan dengan tujuan SDGs poin ketiga, yaitu Good Health and Well-being atau kehidupan sehat dan sejahtera. “Selain berfokus pada pendidikan berkualitas, UM juga berperan aktif dalam mendukung SDGs dengan mempromosikan kesehatan yang holistik,” jelas dr. Ifa.

Diharapkan, seminar ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan memberikan pemahaman tentang cara mengatasi serta mencegah isu-isu terkait.

Pewarta: Silla Cahya Nisa – Internship Humas UM
Foto: Syabiilah Azzahroh Widyatmoko – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM