image_pdf
Mahasiswa Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) menjadi MC dalam Penutupan Program CLS UM 2024

Malang, 15 Agustus 2024 – Program Critical Language Scholarship (CLS) Universitas Negeri Malang (UM) resmi ditutup dengan penuh semangat dalam acara yang berlangsung di Gedung Sasana Budaya UM. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi UM, termasuk Rektor, Prof. Dr. Haryono, M.Pd., Wakil Rektor IV, Prof. Ir. And. Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D., Direktur Pendidikan, Prof. Dr. Suyono, M.Pd., Direktur UPT Pusat Studi Bahasa dan Budaya Indonesia, Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd., Dekan Fakultas Sastra, Dr. Moch Syahri, S.Sos., M.Pd., serta Ketua Departemen Sastra Indonesia, Dr. Azizatuz Zahro, S.Pd., M.Pd.

Acara ini dipandu oleh seorang MC yang merupakan peserta CLS dan telah mempelajari bahasa Indonesia selama kurang lebih dua bulan. Koordinator Program CLS, Thomas Kilbane, memberikan sambutannya dengan bahasa Indonesia yang fasih, mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam. “Terima kasih banyak,” ujarnya. Ia juga bangga kepada Prof. Dr. Haryono, para mitra bahasa, dan seluruh mahasiswa Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), serta meminta maaf jika ada kekurangan selama program berlangsung. “Saya bangga terhadap kalian, karena belajar bahasa Indonesia itu tidak gampang dan kalian bisa,” tambahnya sebelum menutup sambutannya dengan pembacaan puisi berjudul Surat dari Malang.

Dalam sambutannya, Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd., Direktur UPT Pusat Studi Bahasa dan Budaya Indonesia UM, menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa dan guru yang telah bekerja keras selama program ini. “Saya menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah belajar dalam program ini dan juga apresiasi kepada para guru atas kerja kerasnya yang telah membimbing dan memomong anak-anak ini,” ungkapnya.

Rektor UM Prof. Dr. Haryono, M.Pd., juga memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung program ini. “Alhamdulillah, program tahunan ini telah terlaksana 15 kali tanpa ada jeda,” ujarnya dengan penuh kebanggaan. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para orang tua asuh yang telah mendampingi mahasiswa selama program berlangsung.

Rektor UM Prof. Dr. Haryono, M.Pd. menyampaikan sambutan dalam acara CLS UM 2024

Dengan penuh syukur, Prof. Dr. Haryono resmi menutup acara ini dan menyatakan bahwa program CLS tahun ini telah selesai. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada para mahasiswa BIPA dan foto bersama dengan jajaran pejabat UM.

Suasana semakin meriah saat para mahasiswa BIPA menyampaikan pesan dan kesan mereka menggunakan bahasa Indonesia. Penampilan atraksi oleh mahasiswa, dengan kostum adat Indonesia, menambah semarak acara, menunjukkan kebanggaan atas pencapaian mereka. Penutupan program CLS tahun ini menandai suksesnya pelaksanaan program yang telah berjalan selama 15 tahun berturut-turut di UM.

Pewarta: Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM
Foto: Ramadhan Teguh Brilianto – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM