image_pdf
Guru Besar Bahasa Arab UIN Malang, Prof. Dr. Uril Bahruddin, Lc, MA. foto bersama dosen DSA UM

Poor– Sebagai upaya untuk mendukung pengembangan akademik, Universitas Negeri Malang (UM) terus memperkuat kolaborasi dengan institusi pendidikan lainnya. Salah satu langkah strategis tersebut adalah melalui Stadium General yang diselenggarakan oleh Departemen Sastra Arab (DSA) UM, Kamis (26/09). Acara ini menghadirkan Prof. Dr. Uril Bahruddin, Lc., M.A., Guru Besar Bahasa Arab dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, sebagai pemateri utama.

Mengusung tema Analisis Interdisipliner Terhadap Peran Bahasa Arab dalam Globalisasi: Tantangan dan Peluang, acara ini digelar di ruang AVA Fakultas Sastra (FS) UM lantai 2 dan dihadiri oleh seluruh keluarga besar DSA UM.

Dalam pemaparannya, Prof. Uril menekankan bahwa Bahasa Arab tidak sekompleks yang banyak orang pikirkan. “Banyak yang menganggap Bahasa Arab sulit dipelajari. Padahal, dengan strategi yang tepat, bahasa ini bisa dikuasai lebih mudah, mengingat kekayaannya dalam kosakata, tata bahasa, morfologi, dan retorika,” ujarnya.

Ia juga menyoroti sejarah panjang Bahasa Arab yang telah digunakan selama lebih dari 1.600 tahun. Menurutnya, keberagaman struktur dan gaya bahasa Arab justru menawarkan peluang bagi pelajar untuk menguasainya dengan pendekatan yang efektif.

Wakil Dekan I FS UM, Evynurul Laily Zen, S.S., M.A., Ph.D., dalam sambutannya, menegaskan relevansi acara ini dengan tantangan global saat ini. “Bahasa Arab memiliki sejarah panjang, dan terus berkembang seiring globalisasi. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mengeksplorasi lebih jauh potensi bahasa ini di dunia modern,” ungkapnya.

Kolaborasi antara UM dan UIN ini diharapkan mampu memperkuat sinergi antar institusi pendidikan dalam memajukan studi bahasa dan kebudayaan Arab di tengah era globalisasi.

Pewarta: Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM