image_pdf
Lokakarya Nasional Energi dan Perubahan Iklim UI GreenMetric 2024 menunjukkan komitmen UM dalam mendukung inovasi energi berkelanjutan

Poor— Universitas Negeri Malang (UM) dipercaya menjadi tuan rumah Lokakarya Nasional Energi dan Perubahan Iklim UI GreenMetric 2024. Acara ini berlangsung pada 18-20 September 2024 di Aula GKB A19 Lantai 9 UM, dengan tema Empowering University Communities through Sustainable Energy Innovations. Lokakarya tahunan ini menjadi platform penting bagi UI GreenMetric, sebuah lembaga pemeringkatan kampus berkelanjutan berbasis lingkungan. Acara dihadiri 71 pimpinan dan pakar perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., menyampaikan pentingnya inovasi energi berkelanjutan. “Komunitas kampus perlu mempertahankan inovasi energi yang berkelanjutan dan mencerminkan cara berpikir yang selaras dengan mewujudkan kampus sehat dan cerdas,” ujar Prof. Hariyono.

Sementara itu, Dr. Junaidi, S.S., M.A., Vice Chair of Program, Communication and Partnership UI GreenMetric, juga memberikan pandangan terkait kontribusi perguruan tinggi dalam menghadapi perubahan iklim. “Melalui UI GreenMetric, kita dapat melihat bagaimana kampus-kampus berperan dalam menciptakan solusi energi dan mengurangi dampak perubahan iklim global,” ucapnya.

Acara ini juga menghadirkan sejumlah seminar yang diisi oleh para ahli dan pejabat daerah. Sesi pertama diisi oleh Muhammad Fajar Subkhan, S.T., M.T., Plt. Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, yang membahas “Program dan Hibah Antisipasi Perubahan Iklim di Kampus”. Dilanjutkan oleh Erik Setyo Santoso, S.T., M.T., Sekretaris Pemerintah Kota Malang, yang menyampaikan materi mengenai “Kolaborasi Pengelolaan Energi dan Perubahan Iklim di Kota Malang”.

Pada sesi sore, para peserta diajak mengikuti workshop dengan pakar-pakar energi seperti Harry Yuliansyah, S.T., M.Eng. dari Institut Teknologi Sumatera dan Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. dari UM. Para peserta juga berkesempatan mengunjungi Laboratorium Energi UM dan mengikuti praktik pembuatan superkapasitor.

Lokakarya ini bertujuan untuk memperkuat peran universitas dalam mendukung agenda energi hijau dan sejalan dengan SDGs ke-17, yaitu kemitraan global untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Acara ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam pengelolaan energi terbarukan di Indonesia dan dunia.

Pewarta: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM