image_pdf
Rektor (empat dari kiri) bersama dengan wisudawan UM terbaik periode 129

Poor – Wisuda periode ke-129 kembali digelar pada Minggu (27/10) di Graha Cakrawala dengan dihadiri oleh Ketua Senat Akademik, Rektor, para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, serta jajaran pejabat Universitas Negeri Malang (UM). Acara ini juga diramaikan oleh orang tua dan wali wisudawan yang hadir mendampingi.

Dalam sambutannya, Ketua Senat UM Prof. A.H. Rofi’uddin, M.Pd. menekankan peran UM sebagai universitas yang berkontribusi aktif di ranah global. “UM adalah kampus yang excellence dalam inovasi serta mengutamakan kesehatan dan kecerdasan. Kami akan terus berinovasi dan kritis terhadap perubahan global, tetap menjunjung nilai-nilai Pancasila,” ujar Prof. Rofi’uddin.

Senada, Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. menambahkan bahwa UM telah mencapai peringkat tinggi dalam kategori World Class University, yang menunjukkan komitmen UM dalam mempersiapkan mahasiswanya menghadapi tantangan global. “Posisi UM yang semakin meningkat menandakan pentingnya peran UM dalam menyiapkan lulusan menghadapi megatren global seperti kewarganegaraan universal dan perubahan lapangan kerja,” tuturnya.

Lebih lanjut, Prof. Hariyono menyampaikan harapannya agar para lulusan UM dapat berkiprah secara global. “Kami berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh di UM akan membawa Anda ke jenjang karier yang sukses di berbagai belahan dunia. Kami bangga jika lulusan UM bisa berkontribusi dalam profesi apa pun di berbagai negara,” ujarnya penuh keyakinan.

Sebagai perwakilan wisudawan, Dr. Rida Afrilyasanti mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian wisudawan yang telah berhasil melewati berbagai tantangan. “Setelah melalui banyak rintangan dengan keteguhan hati, kita semua berhasil menjadi wisudawan UM hari ini,” ungkapnya penuh haru.

Sejak berdiri hingga Wisuda Periode 129, UM telah meluluskan 162.905 alumni, terdiri dari 2.657 lulusan program Doktor, 13.130 Magister, 108.280 Sarjana, 17.143 Diploma III, 129 Diploma IV, 3.553 lulusan PPG, dan 18.013 lulusan program Non Gelar. Wisuda ini menjadi bukti komitmen UM dalam mencetak sumber daya manusia unggul yang siap menghadapi megatren global sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk memastikan pendidikan berkualitas dan kesempatan kerja yang merata.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM
Foto: Aliif At-Tahrir dan Qursianur Mahesania – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM