image_pdf
Prof. Sylvester Arnab menyampaikan materi dalam kuliah tamu Frugal and Ludic Design in Gamification

Poor – Departemen Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM), menggelar kuliah tamu bertajuk “Frugal and Ludic Design in Gamification” pada Rabu (20/11). Acara ini berlangsung di Gedung A20, Lantai 9, Laboratorium EduTV, serta secara daring melalui Zoom.

Kuliah tamu ini menghadirkan Prof. Sylvester Arnab dari Coventry University, Inggris, seorang ahli di bidang gamifikasi. Sebanyak 46 mahasiswa S2 dan S3 Program Studi Teknologi Pembelajaran Angkatan 2024, para dosen Teknologi Pendidikan, serta 17 partisipan daring turut serta dalam acara ini.

Acara dibuka oleh moderator, Tristania Handikaningtyas, dan diawali dengan sambutan oleh Dr. Made Duananda Kartika Degeng, M.Pd., Kepala Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran, diikuti oleh dosen pengampu, Dr. Yerry Soepriyanto, S.T., M.T., dan Dr. Muhibuddin Fadhli, M.Pd.

Dalam pemaparannya, Prof. Arnab menjelaskan pentingnya desain ludic yang hemat dalam gamifikasi. “When you designing something, think about value that you will develop. Fun here means engrossed in solving problems. Fun is socially fun,” ujarnya. Ia menekankan bahwa gamifikasi dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, sekaligus relevan dengan prinsip Industry 5.0 yang berfokus pada manusia, keberlanjutan, dan ketahanan.

Gamifikasi, menurut Prof. Arnab, mampu menjembatani kesenjangan antara sistem pembelajaran tradisional dengan keterampilan masa depan. Ia menunjukkan aplikasi praktis, seperti metodologi escape room dan mini-games, yang dapat diintegrasikan dalam pendidikan profesional.

Kegiatan ini mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) keempat, yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata. Dengan memanfaatkan pendekatan berbasis permainan (game-based learning), metode ini tidak hanya meningkatkan hasil pembelajaran, tetapi juga mendorong inovasi dan pengembangan keterampilan kritis.

“Desain ludic adalah pendekatan transformatif yang memungkinkan pengembangan individu sekaligus memajukan masyarakat,” tambah Prof. Arnab.

Kuliah tamu ini menjadi wadah inspiratif bagi peserta untuk menggali lebih dalam potensi gamifikasi dalam dunia pendidikan, sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan melalui inovasi pembelajaran.

Pewarta: Rafika Rizky Nur Fadhilah – Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM