image_pdf
Dr. Mu’arifin, M.Pd membuka secara resmi kegiatan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM)

Malang. Dalam rangka mencetak kader bangsa yang mumpuni, Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Mu’arifin, M.Pd membuka secara resmi kegiatan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) pada Selasa (17/09) di aula Graha Rektorat UM. Latihan tersebut diikuti oleh 129 mahasiswa dari organisasi mahasiswa pemerintahan maupun non pemerintahan dengan 8 pemandu. Rangkaian kegiatannya berlangsung selama tiga hari, sehingga selesai pada Kamis (19/09).

Ketua pelaksana LKMM TM, Dr. Sunaryono, S.Pd., M.Si, menjelaskan bahwa latihan ini merupakan ajang pelatihan bagaimana mahasiswa dapat memanage organisasi mereka. Ia menegaskan bahwa selama tiga hari tersebut, seluruh peserta diharapkan dapat serius menjalani latihan dan mengikuti semua sesuai kontrak yang telah disepakati sebelumnya. Jika ada yang melanggar kontrak, kemungkinan terburuk adalah didiskualifikasi.

“Dari 129 peserta ini, diharapkan dapat bersaing untuk mendapatkan nilai yang maksimal, karena akan ada pelatihan lanjutan yang hanya diikuti oleh 50 peserta terbaik dari LKMM-TM ini. Tentu kegiatannya tidak akan dilaksanakan di kampus, pun kegiatannya akan lebih kompleks dan eksklusive. Kami merencanakan untuk melaksanakannya di salah satu hotel di Kota Malang,” tambahnya.

Peserta LKMM-TM 2019

Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd., juga memberikan beberapa nasihat sebelum membuka kegiatan secara resmi. Ia menegaskan bahwa kata kunci dalam memanagemen organisasi adalah disiplin. Sejatinya mahasiswa yang notabene adalah pemegang estafet kepemimpinan bangsa memang disiapkan dengan baik agar bisa membawa bangsa ini kearah yang lebih baik dengan beberapa skill yang telah dikuasai.

“Saya berharap nanti ketika saudara sudah memahami bagaimana tindakan-tindakan managerial, saudara mampu memahami, menyikapi, menghayati dan membuktikan dalam bentuk perbuatan yang sesuai. Serta bagaimana saudara mampu bermakna bagi lingkungan saudara kedepannya,” tambahnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Kautsar S – Humas UM