image_pdf

Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) bersama Universiti Malaya memiliki satu tujuan untuk menciptakan perubahan di masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Perubahan dapat dilakukan dengan pengetahuan dan semangat para pemuda Indonesia melalui karya tulis ilmiah. Dengan urgensi tersebut, FIK UM berkolaborasi dengan para profesor dari Universiti Malaya untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Kuliah Umum dengan tajuk “Guest Lecture and Scientific Writing”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (15/09) di Aula Lantai 9 Gedung A20 UM. Acara tersebut dihadiri oleh 350 peserta yang terdiri dari mahasiswa FIK, Departemen Biologi, dan Fakultas Kedokteran UM.

Mewakili Ketua Office of International Affairs (OIA) UM, Agnisa Maulani Wisesa menyambut kedua narasumber dari Universiti Malaya, yaitu Prof. Dr. Siti Nursheena Mohd Zain dan Assoc. Prof. Dr. Chen Chee Dhang. Dosen Fakultas Sastra itu berharap kolaborasi bukanlah akhir dari kerja sama, namun sebagai pintu pembuka kerja sama pada hal lain antara UM dengan Universiti Malaya.

“Meskipun kebetulan nama kampusnya sama-sama disingkat sebagai UM, kami masih harus belajar banyak dari Universiti Malaya. Semoga nantinya kita bisa berkolaborasi di banyak bidang, khususnya di bidang riset dan akademik,” ujar Agnisa.

Wakil Dekan II FIK UM, Dr. Supriyadi , M.Kes., turut menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan tersebut. Beliau berharap para peserta dapat memanfaatkan kuliah tamu ini untuk aktif bertanya kepada para narasumber yang sudah datang jauh-jauh dari negeri seberang.

“Dengan hadirnya kedua profesor hebat dari Universiti Malaya ini, silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mari kita memaksimalkan kesempatan ini untuk belajar dan berkolaborasi untuk membangun masa depan yang lebih sehat,” kata Wakil Dekan II FIK UM.

Kuliah umum diawali oleh Assoc. Prof. Dr. Chen Chee Dhang yang membawakan materi terkait penanggulangan nyamuk sebagai pembawa parasit. Dilanjutkan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Siti Nursheena Mohd Zain yang membahas lebih detail terkait parasit penyebab penyakit dan bagaimana cara parasit dapat masuk ke dalam tubuh. Kegiatan dilanjut penyampaian tips dan trik menulis karya tulis ilmiah dengan sistematis dari kedua narasumber. Hal ini penting dipahami oleh mahasiswa agar dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik agar dapat diunggah di jurnal internasional. 

Di sela-sela menyampaikan materinya, Assoc. Prof. Dr. Chen Chee Dhang mengaku terkejut dengan banyaknya peserta yang hadir. “Sebenarnya saat ini kami sedang melakukan roadshow di Pulau Jawa dan Malang adalah pemberhentian terakhir. Dari tujuh kota yang saya datangi, peserta di UM yang paling banyak. Saya terkejut sekali melihat seluruh kursi di aula sebesar ini terisi semuanya,” ungkapnya terkagum-kagum.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah