image_pdf
Prof. Achmad Tohe, S.Ag, M.A., Ph.D (empat dari kiri) dalam sesi foto bersama dengan para pemateri dan peserta Seminar Nasional Agama Islam 2024

Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah Seminar Nasional Agama Islam 2024 serta Pelantikan dan Rapat Kerja Wilayah Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPW ADPISI) pada Senin (15/07). Kegiatan ini digelar di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) A19 Lantai 9 dari kolaborasi antara UPT LAB PAI UM dan DPW ADPISI Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh 98 dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Perguruan Tinggi Umum (PTU) se Jawa Timur, pengurus DPW ADPISI dan WR III Prof. Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag., yang berjalan dengan khidmat. 

Dengan mengusung tema seminar “Pendidikan Islam di Era Digital: Membumikan Nilai-nilai Keislaman dan Moderasi Beragama”, dalam sambutannya Prof. Munjin berharap melalui seminar ini para dosen PAI mendapatkan pandangan baru terkait kompleksitas pendidikan di era industri 4.0. “Seorang dosen PAI harus mampu menjadikan PAI itu sendiri berkualitas. Tantangan pendidik dari waktu ke waktu semakin kompleks. Seperti dengan hadirnya teknologi dan sosial media yang semakin menjadikan kita seakan akan tidak lepas dari mereka. Maka dari itu dengan adanya seminar nasional dengan tema Pendidikan Islam di  Era Digital harapannya mampu meningkatkan kompetensi para akademisi,” papar Prof. Munjin. 

Sejalan dengan  Prof. Munjin, Ketua DPW ADPISI Jawa Timur Shofiyun Nahidloh, S. Ag., M. Hi., juga berharap dengan diadakannya seminar ini mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen PAI PTU sesuai dengan amanah bersama. “Semoga dengan adanya ADPISI dan seminar ini mampu mewadahi semangat para dosen PAI PTU untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sesuai dengan amanah bersama. Tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi amanah besar itu adalah menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter khususnya nilai-nilai keislaman,” jelas Shofiyun.

Ketua DPW ADPISI periode 2018-2023 ini juga menyampaikan bahwa ADPISI dan UM bersinergi meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu menurutnya, dalam upaya mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dosen PAI harus terus bersemangat meningkatkan penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat. Oleh karena itu, seminar nasional dengan tajuk pendidikan di era digital kali ini mengundang tiga pemateri hebat. 

Tiga pemateri itu adalah Assoc. Prof. Muhammad Ali, B.A., M.Sc.,Ph.D dari University of California Riverside, USA, Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A dari Universitas Negeri Surabaya dan Assoc. Prof. Achmad Tohe, S.Ag, M.A., Ph.D dari Universitas Negeri Malang (UM). 

Dalam pemaparan materi, ketiganya membahas terkait dengan konsep PAI dan moderasi agama, peran guru dan ulama dalam PAI, konsep serta tantangan keagamaan di Indonesia. Penyampaian materi disampaikan secara jelas dan berbobot. Para peserta menyimak dengan serius hingga selesai dan menyampaikan beberapa pertanyaan. Usai seminar nasional, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus DPW ADPISI Jawa Timur periode 2024-2029 dan foto bersama.

Pewarta: Inayah Amalia Taufani-Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM