image_pdf
Para peserta kegiatan psikoedukasi dan mahasiswa KKN foto bersama

Malang. Jumat (16/4) mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pagersari Kecamatan Ngantang, Malang, Jawa Timur melakukan aktivitas di lokasi.  KKN pada masa pemulihan dari pandemi Covid-19 ini sejatinya adalah KKN daring. Namun, mereka merasa perlu menyelenggarakan psikoedukasi bagi orang tua secara tatap muka.

Dengan mengambil tema “Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak pada era Digital,” mereka melakukan sosialisasi dan praktik mendampingi anak-anak dalam menggunakan gawai secara bijak. Kegiatan yang berlangsung di balai desa tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Pagersari yaitu pak Bambang Santoso, Ketua Ibu PKK yaitu ibu Siti Nurjanatin, serta anggota ibu PKK lainnya yang berjumlah dua puluh lima orang.

Mahasiswa KKN UM memberikan materi terkait peran orang tua

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan wawasan serta memberikan edukasi melalui bidang keilmuwan psikologi secara persuasif. Mahasiswa UM yang memberikan materi terkait peran orang tua ini juga merupakan sekelompok mahasiswa dari prodi Psikologi. Mereka memberi gambaran mengenai dampak positif dan dampak negatif dalam penggunaan gawai dan memberi contoh pengelolaan informasi melalui sudut pandang psikologi. Fokus utama mereka adalah mengajak dan membekali orang tua strategi  mendampingi anak-anak dalam menggunakan gawai sesuai usia, termasuk menyikapi berbagai informasi yang dengan mudah mereka temukan dalam gawai.

Para ibu antusias mengikuti instruksi untuk motivasi

Para mahasiswa KKN juga menyuguhkan Tips & Trik Parenting atau menjadi orang tua dalam mendidik anak di Era Digital. Tips & Trik tersebut antara lain menjadikan orangtua berwawasan, orangtua melek teknologi dan memahami pengaruh internet dan sosial media, menciptakan aktivitas menarik untuk anak di dunia nyata, dan menguatkan karakter anak dengan nilai agama dan sosial.

Selain menyajikan materi, para mahasiswa juga menyebarkan brosur-brosur kepada para peserta, yakni ibu-ibu PKK perwakilan seluruh RW di Desa Pagersari. Dengan demikian, diharapkan materi-materi penting tersebut dapat dibaca kembali dan dijadikan panduan mini dalam mendampingi anak-anak.

Pewarta : Ega Aprilia Noor – KKN UM Desa Pagersari