image_pdf

Rektor Universitas Negeri Malang (UM) dengan penuh semangat meresmikan babak baru dalam perjalanan kepemimpinan mahasiswa. Dalam acara ini dipenuhi antusiasme, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru saja dilantik untuk memimpin perkembangan organisasi kampus yang lebih cemerlang. Kegiatan pelantikan ini digelar pada hari Rabu (24/01). Kegiatan ini dimulai pukul 14.00 di gedung kuliah bersama (GKB) A19 lantai 9.

Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., sebagai direktur mahasiswa menyampaikan bahwa momen kali ini mengingatkan beliau ketika berada diposisi yang sama dengan mahasiswa yang dilantik. “Momen ini mengingatkan saya ketika saya berada di posisi adek-adek. Kalian ini adalah calon-calon pemimpin yang nantinya merubah yang buruk menjadi baik yang belum pas menjadi pas. Proses ini akan terjadi ketika punya tekad yang bulat, tapi proses itu harus kita niatkan, dengarkan dan kita lakukan dengan baik,” ujar Dr. Heny.

“Pemimpin yang baik tidak dengan amarah dan emosi, tetapi menggunakan kreatifitas, pikiran, strategi yang baik untuk memimpin. Seorang pemimpin harus memberi contoh yang baik. Karena nantinya akan diberi pertanggungjawaban baik didunia maupun di akhirat,” sambung Dr. Heny.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd dalam pidatonya, menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam pembangunan kampus dan memuji kontribusi yang telah dilakukan oleh pemimpin sebelumnya. Ia juga menyampaikan harapannya bahwa kepemimpinan baru ini akan melanjutkan peninggalan yang positif dan memberikan kontribusi yang signifikan untuk kemajuan kampus.

Kepemimpinan yang baru ini mendapat dukungan penuh dari Rektorat dan diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara lembaga-lembaga mahasiswa serta menciptakan lingkungan kampus yang inklusif dan dinamis. Mahasiswa diundang untuk berpartisipasi aktif dan memberikan dukungan mereka untuk mencapai tujuan bersama dalam menghadapi masa depan yang cerah.

Pintu gerbang kampus bukan hanya menyambut pengurus baru ini, tetapi juga membuka peluang baru bagi inovasi, aspirasi, dan kerjasama yang lebih erat di antara mahasiswa. Rektor juga menegaskan visi masa depan yang cerah, memandang mahasiswa sebagai agen perubahan utama dalam membangun fondasi yang kuat untuk masa depan kampus.

“Selain pengalaman dan prestasi akademik yang kalian ambil dari perkuliahan, prestasi diluar itu akan bisa mendukung kalian seprti PKM. WR 1 sudah menyiapkan SKPI yang bisa kalian gunakan untuk pendukun ijazah ketika setelah kelulusan,” ucap rektor UM.

Prof. Hariyono juga berpesan kepada para pengurus terlantik, “Di Singapura, Malaysia, Amerika dan Eropa forum mahasiswa membahas tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan dikita umumnya yang dibahas sekarang capres 01,02 atau 03. Sehingga kita lupa, bahwa kita sebagai mahasiswa penentu kehidupan dan peradaban ke depan nanti. Pesan saya selanjutnya, tadi banyak yang dilantik menjadi pengurus perguruan pencak silat sehingga nanti jangan gunakan ilmunya di jalanan, tetapi gunakan ilmunya untuk kebaikan”. 

Diakhir acara, Rektor beserta jajaran pimpinan lainnya memberikan selamat dan bersalaman dengan pengurus ormawa baru yang telah dilantik dan acara pun ditutup dengan doa serta dilanjutkan sesi foto bersama dengan semua pengurus ormawa yang baru.

Pewarta : Tri Anggara Medhi Sampurno

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM

Perbaruhi wawasan Anda dengan sajian informasi kami di media kami berikut ini:

■ Laman Resmi UM https://www.um.ac.id/
■ Simaba UM (Seleksi Mahasiswa Baru) UM https://seleksi.um.ac.id
■ Channel Youtube Resmi UM https://bit.um.ac.id/YTUM
■ Handle: https://youtube.com/@UM-UniversitasNegeriMalang
■ Youtube Community: https://bit.um.ac.id/KomunitasYTUM
■ Twitter Resmi UM https://bit.um.ac.id/TweetUM
■ Halaman Facebook Resmi UM https://bit.um.ac.id/FbUM
■ Instagram Resmi UM https://bit.um.ac.id/IGUM
■ TikTok Resmi UM https://bit.um.ac.id/vtum