image_pdf

Malang – Kegiatan Job Fair dan Higher Education Expo di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) resmi ditutup pada Jumat, (08/09/2023) setelah digelar selama dua hari berturut-turut. Kegiatan ini menjadi terasa istimewa dengan kehadiran Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) Prof. Anwar Sanusi, Ph.D. beserta jajaran pimpinan Kemnaker RI. Turut hadir pula Wakil Rektor I dan IV beserta segenap jajaran pimpinan UM, Ketua PP IKA UM beserta pengurus, Dinas Ketenagakerjaan se-Malang Raya, dan segenap mahasiswa dan pencari kerja.

Mengusung tema ‘Peluang dan Tantangan Dunia Kerja dalam Era Society 5.0.’, Job Fair dan Higher Education Expo di UM memiliki tujuan utama sebagai wadah menjelajahi berbagai kesempatan karir, mulai dari bidang teknologi hingga pendidikan yang berhasil meningkatkan antusiasme masyarakat luas. 

Pemberian Cindramata Oleh Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) Prof. Anwar Sanusi, Ph.D.

“Kami sangat bersyukur kegiatan Job Fair dan Higher Education Expo berhasil menarik perhatian masyarakat karena menawarkan kesempatan untuk langsung wawancara di tempat sehingga mendapat respon positif terutama bagi alumni UM yang baru saja wisuda,” papar Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd dalam sambutannya. 

Menyambung pernyataan sebelumnya, Prof. Dr. Ibrahim juga tak lupa mengapresiasi  tingginya antusiasme mitra dalam Job Fair dan Higher Education Expo yang diselenggarakan oleh UM ini. 

“Atas nama lembaga UM dan IKA UM, kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh pimpinan perusahaan dan lembaga yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Job Fair kali ini diikuti oleh setidaknya 39 perusahaan nasional dan multinasional yang telah terseleksi sebelumnya. Sedangkan Higher Education Expo diikuti oleh 6 peserta dari internal UM, 6 kampus luar negeri, dan 6 lembaga pendidikan lainnya,” lanjutnya. 

Foto bersama Wakil Rektor I dan IV UM bersama Prof. Anwar Sanusi, Ph.D. dan pejabat UM lainya

Higher Education Expo sendiri menarik perhatian mahasiswa yang mencari informasi tentang perguruan tinggi terkemuka di dunia. Kesempatan terbuka lebar untuk berkonsultasi langsung dengan perwakilan universitas, mendapatkan wawasan tentang program studi, beasiswa, dan langkah-langkah pendaftaran. 

Tidak jauh berbeda dengan Prof. Ibrahim, Sekjen Kemnaker RI, Prof. Anwar Sanusi, Ph.D. juga memberikan apresiasi atas keberhasilan UM dalam menyelenggarakan Job Fair & Higher Education Expo. 

“Atas nama Kemnaker RI, kami turut bangga menyaksikan bahwa  job fair yang berakhir tepat hari ini mendapat respon yang luar biasa positif dari masyarakat sekitar,” ungkap Guru Besar yang lahir di Ponorogo itu.

Bukan tanpa alasan, Job Fair yang diselenggarakan oleh UM mendapatkan jumlah pelamar yang terbilang tidak sedikit. 

“Terima kasih kepada UM yang telah menyelenggarakan meaningful job fair dengan jumlah pelamar tembus 1066 orang, sebuah angka yang tidak sedikit menandakan keberhasilan kegiatan ini,” sambungnya.  

Pada akhir sambutannya, beliau mengajak para pencari kerja dan calon mahasiswa untuk terus menjaga motivasi dalam diri, terus belajar, dan membangun jejaring seiring dengan perubahan dinamis dalam dunia kerja dan pendidikan. 

“Saya ingin mengajak kepada seluruh mahasiswa dan para pencari kerja untuk terus menjaga motivasi dalam diri, giat belajar, dan bangun jejaring yang seluas-luasnya guna meraih kesuksesan karir di masa mendatang,” pungkasnya.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah