image_pdf

Setelah dilakukan penjaringan pada kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV), para mahasiswa terpilih maju mewakili kontingen provinsi masing-masing di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS). Setelah ditunda pada tahun 2021 karena pandemi Covid-19, pada tahun 2022 ini POMNAS diselenggarakan di Sumatera Barat dengan Universitas Negeri Padang sebagai tuan rumah. Kegiatan dilangsungkan selama 10 hari yakni pada tanggal 17-26 November 2022. Kegiatan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim pada Kamis (17/11) dan disiarkan langsung pada kanal YouTube Universitas Negeri Padang. 

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D., selaku tuan rumah penyelenggara POMNAS menyambut kehadiran para tamu dari jajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, para rektor dari beberapa universitas, serta para mahasiswa terbaik perwakilan kontingen masing-masing provinsi. Beliau juga melaporkan tentang kegiatan POMNAS ke-17 seperti jumlah peserta dan banyaknya cabang yang dilombakan.

“Adapun event POMNAS ke-17 di Sumatera Barat ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, di antaranya atletik, bola basket, bola voli, futsal, pencak silat, petanque, tarung derajat, tenis, renang, dan sepak takraw. 10 cabang (olahraga) ini digelar di kampus Universitas Negeri Padang, sementara cabang taekwondo dan karate di kampus Akademi Teknologi Industri Padang, untuk cabang bulu tangkis dan panjat tebing pelaksanaannya di Universitas Andalas,” ungkap Prof. Ganefri.

Selanjutnya total seluruh peserta yang bertanding pada event POMNAS ke-17 ini tercatat sejumlah 8948 yang terdiri dari 3079 dan 5869 official serta pelatih, dan 455 wasit yang berasal dari 34 provinsi. Para atlet akan memperebutkan 1274 keping medali, terdiri dari 368 medali emas, 368 medali perak, dan 538 perunggu pada 166 nomor lomba serta melibatkan 408 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

“Kita berharap event POMNAS ini dapat berkontribusi positif untuk peningkatan prestasi olahraga mahasiswa di tingkat nasional dan internasional. Event POMNAS ini juga diharapkan dapat mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dimana akan menghasilkan output mahasiswa yang berkarakter, beradab, jujur, berani, dan pancasilais, cerdas, mandiri melalui kegiatan olahraga sehingga siap terjun di tengah masyarakat,” lanjut Rektor Universitas Negeri Padang.

Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada kesempatan yang sama mengucapkan sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan POMNAS ke-17. 

“Setelah sempat tertunda karena pandemi, akhirnya kita bisa menggelar kembali ajang pertandingan antar mahasiswa yang saya yakin akan menyemangatkan kita untuk mendorong gerakan merdeka belajar. Menyelenggarakan agenda se-massive POMNAS ini tentu bukan hal yang mudah, selain kerja keras kita juga butuh komitmen dan daya tahan yang luar biasa dari pihak penyelenggara untuk bisa menghadirkan para atlet. Saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada pihak yang telah menyelenggarakan POMNAS. Tidak lupa saya ingin berpesan kepada adik-adik atlet yang akan bertanding di turnamen ini untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Prestasi yang sesungguhnya bukan dinilai dari medali. Hal tersulit adalah keberanian untuk tampil di panggung nasional. Itu yang perlu diingat, keberanian. Sekali lagi saya ucapkan selamat bertanding di POMNAS ke 17 tahun 2022. Mari berprestasi untuk Indonesia. Salam Merdeka Belajar!” ujar Menteri Dikbud Ristek.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM