image_pdf
Rapat koordinasi dalam merancang transformasi metode pembelajaran yaitu integrasi kepada metode Case Method, studi kasus, dan Project-Based Learning (PJBL)

Malang – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) tengah melakukan langkah signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui transformasi metode pembelajaran. Dalam rapat yang berlangsung pada 30 Oktober 2024, para dosen sepakat untuk mengintegrasikan metode Case Method, studi kasus, dan Project-Based Learning (PJBL) ke dalam seluruh Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap arahan universitas yang menginginkan mahasiswa Psikologi memiliki keterampilan praktis yang solid. “Kami ingin memastikan bahwa setiap mata kuliah Psikologi tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih secara langsung,” ungkap Mochammad Sa’id, S.Psi., M.Psi., dosen dan sekretaris departemen FPsi UM kepada Tim Humas UM.

Metode Case Method dan PJBL dipilih karena dinilai efektif dalam mendorong pengembangan keterampilan yang relevan dengan profesi psikolog, seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kolaborasi tim. Selain itu, pendekatan ini sejalan dengan tuntutan kurikulum 2020 dan 2023 yang menekankan pembelajaran berpusat pada mahasiswa serta pengembangan kompetensi.

Dalam rapat, para dosen juga mengevaluasi RPS yang ada, menemukan bahwa beberapa mata kuliah belum sepenuhnya menerapkan metode pembelajaran aktif. Oleh karena itu, tim kerja dibentuk untuk membantu dosen merancang ulang RPS dan memberikan pelatihan implementasi metode tersebut.

“Dengan mengadopsi pembelajaran aktif, kami berharap mahasiswa tidak hanya menguasai teori, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks nyata,” tambah Mochammad Sa’id. Transformasi ini mendukung tujuan ke-4 Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu pendidikan berkualitas, dengan memastikan semua orang memiliki kesempatan mendapatkan pendidikan yang inklusif dan merata.

Adanya perubahan ini, diharapkan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) lebih siap menghadapi dunia kerja dan mampu berkontribusi lebih besar bagi masyarakat. Selain itu, inovasi dalam metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam mempelajari psikologi.

Penulis: Retno Dwi Ayuningrum – Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM