image_pdf
Pengukuhan wisudawan oleh Rektor UM

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) sukses mengadakan wisuda ke-104 secara daring pada Minggu (13/12). Disiarkan secara langsung dari Garha Cakrawala melaui platform Zoom dan Youtube, wisuda ke-104 ini diikuti oleh 1.249 wisudawan. Terdiri dari 44 orang program Doktor, 134 orang program Magister, 1.037 orang program Sarjana, dan 34 orang program Diploma.

Para wisudawan mengikuti prosesi wisuda dari kediaman masing-masing. Lengkap dengan toga serta didampingi oleh anggota keluarga. Beberapa perwakilan wisudawan ada yang hadir secara langsung di Garah Cakrawala. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak antar peserta dan tamu undangan, cuci tangan dan cek suhu tubuh sebelum memasuki ruangan.

“Saya berpesan kepada seluruh wisudawan untuk menjaga nama baik almamater, terus belajar sepanjang hayat, berusaha mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, serta menjadi agen perubahan.” ujar Prof. Dr, Sukowiyon, S.H., M.Hum. selaku Ketua Senat dalam sambutannya.

Foto bersama perwakilan wisudawan dengan Rektor UM

Dari jumlah total 1.249 lulusan, terdapat 4 mahasiswa yang berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik bidang akademik dan 1 orang di bidang non akademik. Predikat ini diukur berdasarkan lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu  pada setiap jenjang pendidikan. Berikut adalah nama dari kelima wisudawan tersebut,

  1. Program Diploma        : Yuzia Ely Ezi Hasmi, A.Md.; IPK = 3.80; lama studi 6 semester; Program Studi DIII Tata Busana, Fakultas Teknik (FT); yudisium Dengan Pujian.
  2. Program Sarjana          : Miftakul Koiriah, S.Pd.; IPK = 3.91; lama studi 8 semester; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); yudisium Dengan Pujian.
  3. Program Magister        : Iva Khoril Mala, M.Pd.; IPK = 3.99; lama studi 4 semester; Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi (FE); yudisium Dengan Pujian.
  4. Program Doktor          : Dr. Meli Astriani; IPK = 3.98; lama studi 6 semester; Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); yudisium Dengan Pujian.
  5. Non-Akademik           : Nur Indah Agustina, S.Pd.; IPK = 3.32; Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).
wisudawan melempar topi toga tanda berakhirnya wisuda ke-104

“Lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki keterampilan literasi dan kompetensi yang memadai. Dalam hal literasi kita tidak lagi cukup bergantung pada literasi lama, baca, tulis dan hitung. Perlu dikembangkan literasi baru seperti literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Kemampuan literasi dan kompetensi ini nantinya yang akan membantu saudara-saudara sekalian menghadapi permasalahan yang semakin kompleks di zaman sekarang ini,” ujar Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. dalam sambutannya.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM