image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) lakukan kunjungan kedinasan pada tanggal 19-22 Juli 2022 dalam rangka perluasan kerja sama dengan tiga universitas di Jepang yaitu Osaka University, Saga University, dan Kyushu University. Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., memimpin kunjungan secara langsung dengan didampingi oleh Ketua LP2M, Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI), Direktur Laboratorium Terpadu, dan  Ketua Tim Pengembang  KUI. Selain itu terdapat pula sejumlah dosen dan alumni UM yang sedang menempuh pendidikan magister dan doktoral di Saga University, dan Kyushu University yang mendampingi kunjungan tersebut. 

Direktur KUI UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D., menyampaikan sejumlah upaya kerja sama yang didiskusikan di 3 universitas tersebut. Di mana sebagian besar upaya yang direncanakan merupakan di bidang sains dan teknologi. “Di tiga universitas ini kita jalin kerja sama di bidang Saintek. Karena seperti yang kita tahu Jepang yang terkenal adalah sains dan teknologi mereka, lebih spesifiknya kita menjalin kerja sama di graduate school of Engineering Science. Harapannya dari itu bisa lebih luas lagi ke depannya,” ujar Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D. 

Untuk Osaka University akan diupayakan joint supervision untuk dosen UM yang akan mengambil program S3 di universitas tersebut dan joint lab antara lab terpadu UM dengan lab para profesor yang ada di Osaka sehingga memungkinkan akademisi dan mahasiswa kedua universitas dapat saling memanfaatkan fasilitas yang dimiliki. Selain itu juga digagas kerja sama dalam hal  joint penelitian dan publikasi, dan perluasan kerjasama di luar bidang saintek.

Selanjutnya dengan Saga University kerja sama sudah terjalin sejak tahun 2011 dan diharapkan kolaborasi keduanya dapat diperkuat dengan pengangkatan dua adjunct professor dari Saga University oleh UM. Selain itu juga diharapkan terbukanya kerjasama double degree dan sandwich program. Selain itu, pada kegiatan tersebut delegasi UM juga melakukan diskusi kerjasama intensif dengan Faculty of Science and Engineering Saga University.

Di Kyushu University delegasi UM bertemu dengan Prof. Yutaka Arakawa dari Faculty of Information Science and Electrical Engineering untuk menginisiasi kerjasama dalam bidang sains terapan dan teknologi, khususnya teknologi pendidikan. Harapannya adalah Prof. Yutaka Arakawa dapat memperkuat UM dengan menjadi adjunct professor dan penasehat pada Pusat Unggulan Inovasi Disruptive Learning Innovation. Dengan bergabungnya Prof. Yutaka Arakawa di UM sebagai adjunct professor diharapkan terjadi percepatan inovasi pada bidang pembelajaran.

“Harapannya semoga semakin banyak yang bisa kita kolaborasikan melalui kerjasama ini baik dari Osaka University kita ada Prof. Hiroshi Umakoshi yang saat ini menjadi adjunct professor di FMIPA UM. Diharapkan dari beliau kita dapat memperluas koneksi agar terjadi kerja sama dengan fakultas-fakultas lainnya. Kemudian di Saga University ini kami berharap mendapatkan 2 nominasi yang bisa diangkat menjadi adjunct professor di UM. Untuk Kyushu University, kerja sama yang baru terjalin ini harapannya profesor yang baru kita temui,  Prof. Yutaka Arakawa, dapat menjadi adjunct professor di FIP UM dan supervisor di Pusat Unggulan Inovasi Disruptive Learning Innovation,” papar Direktur KUI UM.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM