image_pdf

Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang kembali menggelar orientasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) gelombang I tahun 2024 pada hari Rabu (17/1). Orientasi dimulai pukul 08.00 WIB di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UM, Direktur Sekolah Pascasarjana, Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Ketua Program Studi PPG, Kaprodi S2/S3 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Kejuruan, Para Kepala departemen & Kepala program studi Bidang Studi PPG, serta tim Pengembang PPG dan diikuti oleh 624 mahasiswa yang terbagi dalam 12 bidang studi. 

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjut dengan Hymne dan Mars UM. Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyambut para mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024 yang berbahagia. 

“Sebelumnya saya sampaikan selamat datang kepada para mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024 di Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang merupakan perguruan tinggi dengan subjek pendidikan terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, saudara-saudara patut berbahagia telah lolos seleksi PPG Prajabatan dan menjadi bagian dari Universitas Negeri Malang”, ungkapnya. 

Rektor UM pun menegaskan bahwa manusia sudah sepatutnya dididik agar menjadi manusia sepenuhnya. Pengajar atau guru tidak bisa memaksa manusia untuk menempuh pendidikan, namun nurani manusia itu sendiri yang menggerakkan dirinya untuk terus menempuh pendidikan hingga meraih kesuksesannya masing-masing. 

Pada akhir sambutan, Rektor UM juga turut menyampaikan harapannya bagi para mahasiswa agar terus mengembangkan diri selama perkuliahan. “Saya harap selama perkuliahan nanti, saudara-saudara dapat mengembangkan kemampuan diri utamanya dalam bidang menulis. Sebab menjadi seorang guru tidak jauh-jauh dari yang namanya menulis. Saya juga meminta pada sub-bagian akademik PPG untuk mengusahakan agar mahasiswa PPG bisa menulis artikel yang dapat diunggah di jurnal sinta atau bahkan scopus. Harapannya dengan berhasil unggah artikel tersebut, mahasiswa yang ingin melanjutkan S2 atau mencari beasiswa dapat lebih mudah dalam proses pendaftarannya”, jelasnya.

Dalam kegiatan orientasi ini, juga dipaparkan materi terkait skema perkuliahan yang akan dilaksanakan. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa memiliki gambaran dan memahami bagaimana pelaksanaan perkuliahan selama satu tahun kedepan. Melalui orientasi ini diharapkan para mahasiswa lebih mengenal lingkungan kampus dan sistem akademik. Dengan demikian, para mahasiswa dapat lebih semangat dan bertekad untuk terus berprestasi.

Pewarta: Emailda Triandara Siwi

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM