image_pdf

Semester ganjil telah usai, kini siswa siswi kelas 12 SMA sederajat sedang melanjutkan masa studi semester genap sebagai puncak perjuangan yang telah dilakukan sejak kelas 10 sebagai bekal untuk masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan. Meskipun sudah memasuki semester akhir, tak jarang siswa siswi tersebut masih bimbang dalam menentukan perguruan tinggi, fakultas, dan departemen apa yang akan mereka pilih, sebab hal itu merupakan keputusan yang sulit dan berkaitan dengan masa depan mereka. Memilih perguruan tinggi, fakultas, dan departemen bukanlah hal yang mudah sehingga diperlukan pengkajian informasi lebih lanjut terkait bidang yang paling diminati oleh siswa siswi tersebut hingga seberapa besar peluang untuk lolos masuk ke perguruan tinggi (PT) yang dituju.

Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd., selaku Koordinator Pelaksana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Negeri Malang (UM) mengatakan,“Siswa dan siswi SMA sederajat harus teliti dalam memilih program studi di universitas yang dituju agar sesuai dengan minat sehingga tidak menyesal dikemudian hari, karena jika sudah diterima melalui jalur SNBP maka calon mahasiswa tidak dapat mendaftar melalui jalur SNBT dan Mandiri dan siswa yang diterima melalui SNBT tidak dapat masuk melalui jalur mandiri di PT manapun”.

Hal tersebut sesuai dengan aturan terbaru mengenai seleksi masuk perguruan tinggi yang dapat diakses melalui web resmi SNPMB yaitu snpmb.bppp.kemdikbud

Ketatnya aturan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 membuat siswa, orang tua, bahkan guru harus lebih berhati-hati dalam memilih universitas, fakultas, maupun departemen yang akan dipilih. Dilansir dari idntimes.com, fakultas yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru pada tahun 2023 adalah Fakultas Kedokteran sehingga persaingan calon mahasiswa baru (Camaba) menjadi sangat ketat pada fakultas tersebut. UM membuka kesempatan bagi seluruh Camaba di Indonesia untuk bisa berkuliah di Fakultas Kedokteran (FK) UM melalui jalur seleksi SNBP, SNBT, hingga mandiri.

Meskipun FK UM tergolong fakultas baru, namun fasilitas yang disediakan oleh FK UM sudah lengkap dan memadai. Terdapat 3 departemen di FK UM yang sudah siap membuka peluang besar bagi Camaba diantaranya kedokteran, kebidanan, dan keperawatan. Di masing-masing departemen tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti laboratorium, kelas, ruang konseling, CBT center, toilet, mushola, dan fasilitas pendukung lainnya. Selain fasilitas penunjang, FK UM juga memiliki tenaga pendidik profesional sebanyak 52 dosen dan 10 tendik.

Terdapat ciri khas atau keunggulan tersendiri dari FK UM yang membedakan dengan Fakultas Kedokteran lainnya. “Prodi S1 Kedokteran UM memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kampus lainnya. Hal ini dikarenakan Prodi S1 Kedokteran UM memiliki keunggulan dalam bidang olahraga yang bersifat promotif dan preventif untuk konsentrasinya. Nantinya para alumni S1 Prodi Kedokteran UM tidak hanya bisa menjadi dokter umum, akan tetapi punya hal yang lebih dibidang  bagaimana melakukan pencegahan yang bersifat promotif dan preventif melalui olahraga,” jelas Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd saat pembukaan prodi S1 Kedokteran.

Kabar baiknya, mulai tahun 2024 Camaba bisa mendaftar masuk ke FK UM melalui jalur SNBP, SNBT, maupun mandiri setelah tahun lalu hanya bisa mendaftar melalui jalur mandiri. 

Jadwal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dimulai dari registrasi akun siswa yang akan mengikuti SNBP maupun SNBT dimulai tanggal 08 Januari-15 Februari 2024 dan untuk pendaftaran SNBP dimulai tanggal 14-28 Februari 2024 kemudian SNBT pada tanggal 21 Maret-5 April 2024. Pelaksanaan UTBK dimulai tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024. Kemudian, pengumuman kelulusan SNBP pada tanggal 26 Maret 2024 dan SNBT pada tanggal 13 Juni 2024. Informasi selengkapnya mengenai keketatan atau daya tampung di FK UM dapat mengunjungi laman seleksi.um.ac.id.

FK UM akan menerima mahasiswa baru sebanyak 50 mahasiswa baru untuk masing-masing departemen kedokteran, kebidanan, dan keperawatan dengan komposisi 10 mahasiswa jalur SNBP, 15 mahasiswa jalur SNBT, dan 25 mahasiswa jalur mandiri. Para calon mahasiswa baru diharapkan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin peluang yang telah diberikan UM untuk masuk ke Fakultas Kedokteran dan menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Negeri Malang.

Pewarta: Adam Gunawan – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM