image_pdf
Aurelia (kiri) peraih 1st runner up dalam ajang Putri Indonesia Jatim 2024

Aurelia Fiona Widodo, mahasiswa program studi Bioteknologi dari Universitas Negeri Malang, berhasil meraih prestasi gemilang dalam ajang Putri Indonesia Jatim 2024. Acara yang digelar pada Jum’at, 24 November 2023, di Ballroom Novotel Samator Surabaya, menjadi saksi pesona Ajang Puteri Indonesia Jawa Timur 2024 yang sukses digelar.

Dalam wawancara eksklusif, Aurelia Fiona Anastasia menyampaikan perasaan bangganya atas pencapaian tersebut. “Saya tidak menyangka bisa meraih juara kedua dan bersaing dengan kak Melati sebagai juara satu. Ini momen yang luar biasa dan menjadi kebanggaan tersendiri,” ucap Aurel.

Menyinggung keterkaitan jurusannya dibidang bioteknologi dengan prestasi di Putri Indonesia Jatim 2024, Aurelia menjelaskan pentingnya menjaga keseimbangan antara kewajiban perkuliahan dan hobi. “Saya memprioritaskan kewajiban di perkuliahan setelah itu baru fokus pada hobi. Tantangannya adalah bagaimana cara mengelola waktu dengan pintar,” tambahnya.

Bagi Aurelia motivasi untuk mengikuti ajang Putri Indonesia Jatim lebih kepada kekagumannya terhadap gaya perempuan yang terlihat cantik, pintar, dan percaya diri di panggung serta sebagai pengembangan reputasi. Sementara itu, di bidang Bioteknologi merupakan sebuah peluang bagi Aurelia untuk pengembangan reputasinya tentang self-love dan kesehatan.

“Pengalaman di bioteknologi menjadi pengembangan reputasi saya untuk self-branding saya yang berfokus pada self-love terutama dalam konteks kesehatan. Saya pun juga bisa menambah ilmu tentang nutrisi dan gizi,” paparnya.

Aurelia juga menambahkan terkait dengan peran perempuan dalam ajang ini adalah sebagai bentuk pembuktian bahwa perempuan memiliki kemampuan dan daya saing yang baik dari aspek pengetahuan dan skill. “Perempuan harus berani untuk mencoba, belajar, dan berproses agar mampu bersaing meraih prestasi. Setiap manusia punya potensi masing-masing. Prestasi berbeda tidak masalah selama itu positif,” ungkapnya.

Mengenai rencananya ke depan, Aurelia berencana untuk ikut kembali dalam ajang Putri Indonesia Jatim hingga ke level nasional. Dia pun juga ingin mengembangkan usaha di bidang kuliner dengan memanfaatkan ilmu Bioteknologi Kesehatan untuk menghasilkan produk makanan sehat. Ia juga berharap dapat memberikan edukasi tentang nutrisi makanan sehat kepada anak-anak dan remaja di sekolah maupun kampus.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM