image_pdf

Aula Graha Rektorat lt. 9 Universitas Negeri Malang (UM) menjadi saksi gelaran acara Pembekalan dan Koordinasi Internship Humas Universitas Negeri Malang Batch 7.0 pada Selasa 30 Januari 2024. Acara ini dihadiri oleh Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., Kartika Lazuardi, S.AP, staf Humas, Tim Internship Humas dan mahasiswa yang berhasil lolos seleksi untuk mengikuti program Internship Humas.

Kartika Lazuardi, S.AP, Kepala Seksi Humas UM, menyampaikan sambutan di awal acara bahwa Internship Humas ini adalah sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan kedisiplinan sebagai bekal masuk didunia kerja. “Keberadaan internship humas ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah kedisiplinan, kemampuan dan keterampilan mahasiswa serta mengembangkan networking sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Internship Humas UM ini juga merupakan perpanjangan tangan untuk melaksanakan tugas Humas UM agar semakin optimal untuk menyebarluaskan informasi,” ujarnya.

Kartika juga menyampaikan hasil penerimaan anggota internship yang baru, dimana dari 105 pendaftar, 28 orang berhasil diterima. Rinciannya, bidang Jurnalistik diisi oleh 11 orang, Konten Kreator 6 orang, Fotografi & Videografi 16 orang, dan Desain Grafis 9 orang.
“Kita berharap di tahun 2024 kita mampu untuk mencapai target kinerja yang sudah ditentukan dan kunci utamanya adalah senantiasa berkoordinasi antar anggota tim,” tambahnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., Direktur Perencanaan, Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama (PDIPHK) UM. Beliau menjelaskan peran dan tugas dari PDIPHK UM termasuk menekankan pentingnya untuk selalu update kegiatan-kegiatan yang berlangsung di prodi UM serta mensosialisasikan informasinya kepada masyarakat.

“Prinsip yang dimiliki Humas UM ini adalah melayani semua. Di UM memiliki banyak prodi sehingga kita harus selalu update kegiatannya dan mensosialisasikan keluar ke masyarakat umum agar masyarakat mengerti apa yang dilakukan UM,” ungkap Bu Direktur sekaligus Dosen Teknik Elektro FT UM itu. Beliau juga membahas penerimaan mahasiswa baru UM sebanyak 12.112, sehingga mengajak semua pihak termasuk anggota Internship Humas UM yang baru untuk bersama-sama membagikan informasi ini secara global.

Diakhir sambutannya, beliau menyampaikan pesan kepada para mahasiswa anggota tim Internship Humas UM yang baru untuk mempersiapkan mental dan fisiknya dalam mengemban amanah yang diberikan. “Adek-adek mahasiswa persiapkan mental dan fisiknya, jangan jadikan hal ini sebagai beban tetapi jadikan ini sebagai media untuk bekerja keras, pengejewantahan, atau penempaan sehingga kalian dilatih untuk tangguh dan kuat dalam menghadapi segala situasi di Humas UM,” pesan beliau kepada para mahasiswa.

Dr. Yuni juga memotivasi mahasiswa yang berhasil lolos ke dalam penempatan empat bidang di internship humas dan menekankan perlunya komitmen mahasiswa untuk selalu kreatif dan inovatif agar dapat membawa calon mahasiswa baru ke UM. Acara dilanjutkan dengan pengambilan foto bersama dan penyerahan secara simbolis kepengurusan koordinator baru Internship Humas UM.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM