image_pdf

Tepat pada hari Kamis, 24 Agustus 2023 Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sekolah Pascasarjana UM bertandang ke Negeri Jiran Malaysia untuk melaksanakan kegiatan visiting akademik tepatnya di Institut Pendidikan Guru (IPG) Kampus Bahasa Antarabangsa Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ketua Prodi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd bersama tim dosen dan mahasiswa. Alfan menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya mencapai visi PPG UM, yaitu berkembangnya keilmuan kependidikan dan keguruan yang bereputasi internasional dan mengedepankan inovasi. Melalui kegiatan ini PPG UM siap berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi dunia untuk sharing keilmuan dan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang unggul dan berkualitas – baik bagi dosen maupun mahasiswa -, imbuhnya. Alfan menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai perwujudan implementasi kurikulum merdeka belajar yang mengedepankan kolaborasi.

Secara terpisah, Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd mengatakan bahwa IPG Antarabangsa Malaysia ini merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi mitra kolaborasi PPG UM karena memiliki kesamaan misi sebagai lembaga penghasil guru profesional. Anisah yang juga merupakan dosen PPG Dalam Jabatan Bidang Studi Bahasa Arab ini menambahkan bahwa IPG Antarabangsa Malaysia menyambut baik kunjungan ini dan siap berkolaborasi sepenuh hati dengan Prodi PPG UM.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Layli Maziyah, M.Pd – Tim dosen yang juga ikut dalam kegiatan – memaparkan detail acara yang dilalui dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini kedua belah pihak, yaitu PPG UM dan IPG Antarabangsa Malaysia saling memperkenalkan dan mempromosikan profil Prodinya masing-masing sebagai bahan untuk membuka cakrawala berfikir dan memperkuat i’tikad kesiapan kolaborasi akademik yang lebih mantap lagi. Layli yang juga merupakan dosen S2 Keguruan Bahasa Arab UM ini menambahkan bahwa setelah masing-masing Prodi memperkenalkan profil prodinya, diadakan sharing keilmuan, wawasan, dan pengalaman, serta pemikiran-pemikiran untuk menindaklanjuti kegiatan ini ke depannya. Kegiatan ini membuka banyak peluang berkolaborasi bagi kedua belah pihak dalam melaksanakan pengajaran, penelitian dan pengabdian baik bagi dosen dan mahasiswa, imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, PPG UM juga bertandang ke Sekolah Indonesia Kualalumpur (SIKL) Malaysia untuk menjalin kerja sama dalam bidang penyelenggaraan pendidikan profesi guru, khususnya dalam hal kolaborasi terkait penyediaan guru SIKL yang memenuhi syarat sebagai guru pamong sehingga dengan adanya keterlibatan guru dari sekolah Indonesia yang berada di negara-negara lain kualitas pendidikan di Indoesia dapat tersebar secara merata. Demikian menurut penuturan Alfan, Ketua Prodi PPG UM.

Pewarta : Dr. Muhammad Alfan,S.Pd, M.Pd

Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Pascasarjana