image_pdf

Poor. Ikatan Alumni Mitreka Satata (Ikamisa) atau lebih mudahnya disebut Ikatan Alumni siswa SMAN 1 Malang yang berkuliah di Universitas Negeri Malang (UM) memberikan sosialisasi pengenalan kampus kepada siswa-siswi kelas XII di SMAN 1 Malang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Campus Expo yang digelar oleh Ikamisa dalam rangka mengenalkan kehidupan perkuliahan kepada calon mahasiswa baru bersama dengan 16 universitas ternama baik dari dalam maupun luar negeri. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada hari Sabtu (26/02). 

Kegiatan dimulai dengan doa bersama dan dilanjut sambutan dari Kepala SMAN 1 Malang, Drs. Heru Wahyudi, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau berharap siswa-siswi SMAN 1 Malang yang masih ragu menentukan jurusan yang dituju dapat terarah dan memiliki sedikit gambaran tentang dunia perkuliahan dengan adanya kegiatan ini. ”Anak-anakku semua, semoga selepas dari adanya acara ini, kalian bisa mementukan langkah apa yang akan kalian ambil untuk meneruskan jenjang pendidikan kalian nantinya. Yang masih ragu dan bimbang, semoga mendapatkan jawaban yang tepat. Ini adalah kesempatan emas bagi kalian para siswa dan siswi SMAN 1 Malang untuk bertanya kepada kakak-kakak kalian yang berasal dari 16 perguruan tinggi hebat baik di Indonesia maupun di luar negeri,” jelasnya.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Kepala SMAN 1 Malang, Tanto Prihadi, S.Pd., yang menaungi bidang kesiswaan. Beliau juga berharap peserta yang hadir dapat mengambil contoh baik dari alumni yang sudah berhasil menjadi mahasiswa di berbagai universitas ternama, salah satunya adalah UM. ”Semoga para siswa-siswi SMAN 1 Malang bisa meniru kakak-kakaknya untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di universitas terbaik dibidang pendidikan dan yang terdekat dengan kita, yakni melanjutkan di UM,” ujarnya.

Setelah sosialisasi dari setiap universitas selesai dilakukan, dibuka ruang breakout terpisah untuk diskusi sesuai bidang peminatan masing-masing. UM mendapatkan kesempatan untuk mengirim perwakilan dibeberapa bidang, yakni di bidang Psikologi, Ilmu dan Budaya, serta Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan adanya disukusi di dalam ruang breakout ini adalah untuk sharing secara mendetail tentang pengalamannya baik dari segi akademik maupun menjadi salah satu bagian dari warga UM.

Pewarta : Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM.