image_pdf
Tes Pedagogical Content Knowledge

Program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar uji tertulis Pedagogical Content Knowledge (PCK) bagi mahasiswa PPG Prajabatan pada Rabu (12/07) bertempat di ruang komputer Gedung Kuliah Bersama A19 dan Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd., yang menjabat Ketua Program Studi PPG UM menjelaskan tujuan penyelenggaraan uji tertulis PCK agar dapat menjadi langkah konkret dalam mencetak guru-guru profesional yang mampu mengintegrasikan pengetahuan pedagogis dengan pemahaman konten pembelajaran

“Ujian tulis PCK bertujuan memahami pengetahuan tentang materi yang diajarkan dan cara mengajarkannya oleh calon guru. PCK bermakna kombinasi dari dua pengetahuan yang merupakan dasar dalam praktik pembelajaran oleh guru, yakni content knowlegde yang relevan dengan bidang studi masing-masing dan pedagogical knowlegde sebagai kompetensi dasar mengajar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dr. Alfan memaparkan rincian informasi penyelenggaraan uji tertulis PCK. 

Tes Pedagogical Content Knowledge

“Uji tertulis PCK diikuti oleh 884 mahasiswa PPG Prajabatan UM. Ujian bersifat wajib sebagai salah satu rangkaian ujian akhir bagi mahasiswa PPG Prajabatan dan berlangsung selama satu hari yang dilaksanakan dalam tiga sesi bertempat di ruang komputer GKB A19 serta Gedung FMIPA,” paparnya. 

Uji tertulis PCK ini menjadi salah satu langkah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dari segi kualitas pengajar. Dengan mengikuti uji tertulis PCK, diharapkan calon guru mampu memberikan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik dan memenuhi tuntutan pendidikan saat ini.

“Dengan adanya ujian PCK ini, mahasiswa PPG Prajabatan dapat membuktikan profesionalisme sebagai calon guru sehingga ketika mahasiswa lulus dari PPG UM mampu menjadi guru yang profesional dan berkualitas,” sambungnya.

“Besar harapan kami agar seluruh mahasiswa PPG Prajabatan yang mengikuti uji tertulis PCK dapat mengerjakan tes dengan lancar dan lulus memuaskan,” pungkas Dr. Alfan.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM