image_pdf

Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) kembali membuat gebrakan baru yaitu membuka program studi S1 Pariwisata dan S1 Hukum. Keputusan ini diinformasikan setelah FIS UM memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagaimana tercantum dalam Surat BAN-PT Nomor: 242/BAN-PT/LL/2024.

Langkah FIS UM ini merupakan sebuah inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, karena memberikan peluang bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi dan prestasi yang luar biasa untuk bergabung dengan berbagai program studi di FIS UM. 

Perlu diketahui bahwa selain dua program studi baru, FIS UM telah memiliki 8 program studi strata-1 yang meliputi S1 Pendidikan Sejarah, S1 Sejarah, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Geografi, S1 Geografi, S1 Pendidikan Sosiologi, S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dan S1 Ilmu Komunikasi. 

Dua program studi baru ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di FIS UM, tetapi juga akan membuka peluang lebih luas bagi para calon mahasiswa yang berbakat dan berpotensi untuk mengejar impian dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan rumpun ilmu sosial. Program studi S1 Pariwisata dan S1 Hukum ini akan terdaftar dalam jalur seleksi mandiri Universitas Negeri Malang (UM) 2024.

Terobosan baru ini merupakan kepedulian FIS UM terhadap pendidikan yang berkualitas dan inklusif semakin jelas dengan adanya terobosan-terobosan yang telah dibuat. Dengan membuka jalur seleksi yang beragam, FIS UM tidak hanya mencari mahasiswa yang cerdas secara akademik, tetapi juga mahasiswa yang memiliki bakat dan minat sesuai dengan program studi yang ditawarkan.

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen untuk mencetak pemimpin masa depan, langkah FIS UM dalam memperkenalkan program studi baru melalui jalur seleksi yang kredibel dan akuntabel patut diapresiasi. Hal ini membuktikan bahwa FIS UM tidak hanya berusaha menjadi pusat pendidikan tinggi yang unggul, tetapi juga inklusif dan berpihak kepada para calon mahasiswa yang potensial.

Dengan demikian, langkah FIS UM ini tidak hanya akan meningkatkan reputasi, tetapi juga akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM