image_pdf
Dekan FEB UM, Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA meresmikan EL Barka Bank

Malang-Kini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (FEB UM) memiliki El Barka Bank untuk pembelajaran. El Barka Bank merupakan Unit Laboratorium Syariah FEB UM yang menggunakan transaksi syariah dalam pelaksanaannya. Selain mewadahi mahasiswa yang ingin menyimpan uangnya tanpa bunga, El Barka juga mewadahi mahasiswa untuk menerapkan ilmu ekonomi syariah yang selama ini didapatkan dari kelas maupun media-media lainnya.

Saat ini El Barka Bank membuka produk simpanan, baik itu  simpanan regular maupun simpanan program. Kedepannya El Barka Bank juga akan membuka produk pembiayaan yang diharapkan dapat mempermudah program kewirausahaan mahasiswa.

El Barka Bank diketuai Dosen Departemen Akuntansi, Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed., Ph.D., selain itu pengelola lainnya yaitu Hanjar Ikrima Nanda, S.Pd., M.Akun, Santi Merlinda, S.E., M.E., Achmad Murdiono, S.Pd., S.E., M.M, dan Andro Agil Nur Rakhmad, S.E.I, M.E. Selain itu, El Barka Bank juga dikelola oleh 26 mahasiswa FEB UM dengan manager Lina Hanifatul Azizah, mahasiswa Departemen Manajemen. 

El Barka Bank diresmikan oleh Dekan FEB UM, Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA tanggal 22 September 2022 lalu. Pembukaan El Barka Bank ini mendapat respon yang positif dari mahasiswa. Mereka senang akhirnya mendapat sarana pratikum yang baik, khusunya mahasiswa Departemen Akuntansi dan Depatemen Manajemen.

Lebih lanjut, Dekan FEB UM, Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA juga menyampaikan bahwa dengan adanya El Barka diharapkan mahasiswa tidak hanya mengenal perbankan syariah dari medos saja. Tetapi praktik-praktik nyata dari perbankan syariah

“Harapannya El Barka Bank dapat mewadahi mahasiswa dalam mengelola keuangan sekaligus mempelajari ekonomi syariah dengan praktik secara langsung. Tidak hanya mahasiswa FEB, seluruh mahasiswa FEB diharapkan dapat berpartisipasi dalam membangun El Barka Bank sehingga dapat beroperasi dengan maksimal.” Ucap Dekan FEB UM dalam sambutannya.

Selain peresmian El Barka, pada kesempatan ini juga dilaksanakan juga kuliah tamu, bertema  “El Barka Bank: Sarana Pembelajaran Inovatif Ekonomi Syariah”, dengan pemateri Nila Furaida yang menjabat sebagai Cash Outlet Supervisor BSI Universitas Brawijaya.

Internship Humas UM – Rani Destia Wahyuningsih