image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) pada Jumat (03/05) menggelar acara halalbihalal dan coffee santai bersama pengurus Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) UM. Acara ini bertempat di Aula Lantai 9 Graha Rektorat yang dihadiri oleh Rektor UM, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, jajaran pimpinan fakultas di UM serta Ketua ORMAWA UM dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). 

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono M.Pd. dalam mengawali sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri sebab kini masih dalam Bulan Syawal 1445 Hijriah. “Di bulan Syawal ini yang masih dalam suasana lebaran saya sebagai rektor ingin mengucapkan mohon maaf lahir batin untuk semua,” sapa Prof. Hariyono. 

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (dua dari kiri) menyampaikan sambutan kepada ORMAWA UM dalam acara halalbihalal dan coffee santai Universitas Negeri Malang

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hariyono M.Pd. menyampaikan “Pada abad 21 ini kita tidak hanya dituntut dalam penguasaan studi saja, namun juga diperlukan untuk memiliki soft skill yang sangat penting untuk dikembangkan.

Beliau juga menegaskan bahwa pengembangan soft skill diluar bidang keilmuan yang dimiliki mahasiswa bertujuan untuk menjawab tuntutan perkembangan zaman. Terlebih dalam mendorong mahasiswa untuk melestarikan budaya, sehingga UKM dan ORMAWA memiliki peran sebagai wadah bagi Mahasiswa UM untuk mengembangkan soft skill agar menjadi suatu nilai tambah. 

“Bagaimana nanti anda dapat meningkatkan kualitas, salah satunya adalah dengan memiliki mindset yang berkembang, artinya yaitu terus memperbarui konsep diri sekaligus kualitas dirinya, khususnya nanti alumni pengurus ormawa dapat memiliki soft skill yang dapat dikembangakan,” Tutur Prof. Hariyono. 

“Banyak mahasiswa yang belum mampu mengenali potensi dalam dirinya, belum bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirinya sehingga banyak yang belum bisa mengembangkan potensi dalam dirinya. Oleh karena itu melalui kegiatan di UKM atau ORMAWA diharapkan adik-adik mahasiswa semua nantinya dapat mengenali dan mengembangkan (soft skill) yang dimiliki dengan dukungan fasilitas dari universitas,” pungkas Guru Besar Ilmu Sejarah UM tersebut. 

Acara dilanjutkan dengan dialog antara mahasiswa dengan pihak universitas, dalam hal ini menyampaikan berbagai aspirasi dan pertanyaan seputar sistem pendidikan yang ada di universitas, sehingga dengan dialog tersebut dapat langsung dijawab oleh pihak universitas yang diisi oleh WR I, WR II dan Direktur Pendidikan UM. 

Harapan dari adanya kegiatan ini adalah dapat menjadi sarana atau wadah untuk berdialog antara ORMAWA yang mewakili seluruh Mahasiswa UM dengan pihak Pimpinan UM. Hal ini diperlukan agar komunikasi dan sinergi antara ORMAWA dan Pimpinan UM semakin terjalin lebih baik sehingga kedepannya dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran positif bagi kemajuan universitas. 

Pewarta: Trisna Marsadi – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM