image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) pada Kamis 11 Januari 2024 bertempat di gedung Rektorat Lt 1 meresmikan Cakraffee Lounge UM sekaligus grand opening. Acara dihadiri langsung oleh Rektor UM, para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur BPUDA UM dan seluruh jajaran pimpinan UM lainnya. Acara peresmian Cakraffee Lounge ini merupakan kelanjutan dari soft launching yang telah digelar dua hari sebelumnya. Cakraffe Lounge ini merupakan sebuah ruang tunggu yang dikonsep dengan nuansa ala cafe bertempat di gedung Graha Rektorat UM lantai 1 sebelah barat, sehingga warga UM maupun masyarakat umum bisa menunggu lebih nyaman ketika mengurus keperluan administratif maupun yang lain di Graha Rektorat UM. Begitu antusias sivitas akademika dalam mengikuti acara peresmian cakraffee lounge ini mulai dari jajaran pimpinan hingga mahasiswa UM.

Dr. H. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak. Selaku Direktur Badan Pengelola Usaha dan Dana Abadi Universitas Negeri Malang (BPUDA UM), menyampaikan laporan terkait dengan prosesi persiapan pembukaan cakraffee. Dimulai dari penamaannya yang memiliki makna sebuah kehidupan usaha khususnya usaha kopi terdapat banyak dinamika yang akan kita jalankan dengan baik. Cakraffee tersebut sudah buka mulai hari Selasa kemarin yang mana sivitas akademika UM sangat antusias menyambutnya dan dalam kurun waktu yang relatif pendek, cakraffee sudah memiliki omset dua juta rupiah. “Cakraffee ini sudah mulai buka dari kemarin dua hari sebelumnya dan selama satu hari buka, omset kita bisa mencapai jutaan rupiah,” ujar Dr. Agung.

Operasional pengelola Cakraffe Lounge dinahkodai oleh satu barista dan dibantu mahasiswa yang berminat untuk dipekerjakan paruh waktu. “Kami membuka rekrutmen anggota untuk menjadi tim barista dari kalangan mahasiswa yang nantinnya dipekerjakan secara paruh waktu dengan lama kontrak hanya tiga bulan, setelah itu kita menyerahkan kepada mahasiswa itu kembali apakah lanjut ingin bergabung kembali atau bergabung di tempat luar,” ungkap Direktur BPUDA lulusan magister pertanian tersebut.

“Kami pun nanti kedepan juga membuka layanan delivery order yang khusus hanya untuk lingkungan internal UM. Menu kopi yg disajikan adalah lokal Malang yakni Dampit dan Arjuna yang kemudian diolah sehingga memiliki taste tertentu, dari jenis snack kami produksi dari dapur Bristo premium dan dari vendor yang lainnya,” tambahnya.

Jadwal operasional Cakraffe Lounge mengikuti jadwal kerja kantor yaitu mulai dari pukul tujuh pagi sampai lima sore. “Jam buka kami mengikuti jam kantor sehingga tidak ada jam buka malam, selama jam kantor masih buka, sivitas akademika UM boleh mengajak teman dari luar UM untuk menikmati sajian Cakraffe ini,” tutur Dr. Agung

Dalam sambutannya Rektor UM, Prof. Dr. Haryono, M.Pd. mengucapkan selamat kepada jajaran BPUDA atas pembukaan cakraffee lounge yang disamping menghasilkan keuntungan, beliau juga menyampaikan bahwa UM ingin menjadi kampus yang sehat dan mencerdaskan, sehingga kehadiran dekan-dekan dari vokasi dan kedokteran dalam pertemuan ini memberikan peluang besar bagi kita agar dapat melibatkan mahasiswa-mahasiswanya dalam upaya memberikan edukasi terkait dengan pola makan sehat dan jenis minuman yang mendukung kesehatan, serta menginspirasi gaya hidup sehat di lingkungan kampus kita.

“Teman-teman dari tata boga, dari ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu gizi bisa berdiskusi dengan mahasiswa kedokteran sehingga mampu menciptakan sebuah ide untuk bahan refleksi terkait dengan bagaimana supaya bisa menjadi orang yang sehat,” ujar Prof. Haryono.

Rektor UM itu pun juga berpesan terutama kepada BPUDA UM untuk senantiasa menyajikan minuman dan makanan yang sehat kepada warga UM melalui usaha-usaha yang telah dikembangkan. “Mudah-mudahan BPUDA disini tidak hanya semata-mata mencari keuntungan, akan tetapi juga memfasilitasi untuk menyiapkan minuman dan makanan yang sehat, sehingga orang datang ke UM itu sajiannya sangat menyenangkan dan menyehatkan,” ungkap Prof. Hariyono

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita peresmian pembukaan Cakraffee Lounge oleh Rektor UM yang disaksikan langsung para jajaran pimpinan UM lainnya dan mahasiswa.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM