image_pdf
nternational Conference on Life Science and Technology (ICoLiST) 2023

UM (Universitas Negeri Malang) kembali menggelar rangkaian International Conference on Life Science and Technology (ICoLiST) 2023 ke-6 secara hybrid menggunakan platform Zoom Meeting. Pada pembukaan acara yang dilaksanakan pada Kamis (24/8) ini, Rektor UM Prof. Dr. Hariyono M.Pd. menyebutkan bahwa akan ada 9 pembicara pada ICoLiST ke-6. Pembicara tersebut berasal dari berbagai negara di belahan dunia, seperti Indonesia, USA, Jerman, Malaysia, Jepang, Taiwan, hingga Australia.  

“Harapan saya, kita tidak hanya menyerap berbagai bentuk perspektif terkait sains dan teknologi yang dibawakan oleh seluruh keynote speaker yang berasal dari berbagai negara,  melainkan kita juga bisa memperkuat jaringan kita untuk berkontribusi dalam bentuk ide hingga proyek kolaborasi menyelesaikan permasalahan dunia,” ujar Prof. Hariyono.

Tema yang diangkat pada gelaran ICoLiST kali ini ialah “Natural Resources Exploration, Conservation and Technology Research Towards SDGs“. Pemilihan tema ini sejalan dengan pelestarian sumber daya alam yang ada di dunia. Sumber daya alam ada pada lingkungan hidup kita secara langsung dan tidak diciptakan oleh manusia atau semata-mata hanya pemberian Tuhan saja. 

“Terkadang kita lupa akan keberadaan sumber daya alam kita. Kita sering menggunakan ini sebagai bentuk perolehan keuntungan ekonomi dengan tidak hanya menggunakannya, tetapi bahkan hingga menghabiskan seluruh sumber daya alam yang ada. Kita harus ingat bahwa sumber daya alam ini sebenarnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, bukan hanya sekedar memenuhi keinginan dan kepuasaan kita saja,” ungkap Rektor UM. 

Selain itu, konservasi sumber daya alam juga bermanfaat bagi kita untuk membantu mencapai SDGs yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet ini, dan menjamin perdamaian dan kesejahteraan bagi semua orang. Setiap manusia di bumi harus ingat akan posisi dan keberadaannya, karena sejatinya hidup kita juga berdampingan dengan sumber daya alam yang ada. Hidup manusia banyak bergantung kesehariannya pada alam dan lingkungan.  

ICoLiST ke-6 diharapkan bisa menjadi sebuah penghubung antara manusia, lingkungan, dan keanekaragaman hayati. Banyak pihak-pihak yang sudah berjuang keras dalam menyukseskan pelaksanaan ICoLiST,  baik itu dari segi panitia hingga pembicara sekaligus. ICoLiST ini dapat menjadi sebuah pemantik sekaligus memperluas wawasan kita dalam menunjang kelestarian sumber daya alam untuk mencapai aspek-aspek penting yang ada di SDGs.

Pewarta: Muhammad Daffa Pradana – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah