image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu perguruan tinggi dengan peraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Informatif selalu berupaya untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Baru-baru ini, UM mendapat kunjungan dari komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat pada (07/07/2022). Bertempat di ruang sidang rektor kunjungan ini dimaksudkan sebagai silaturahmi serta kolaborasi yang dilakukan oleh KI pusat dengan perguruan tinggi negeri.

Samrotunnajah Ismail, S.E., M.Si, CMA. mewakili rombongan komisioner dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya kolaborasi yang telah dilakukan sudah berjalan dengan baik. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa KI baru saja melantik tujuh komisioner pada bulan Mei lalu, untuk itu memerlukan masukan dari dua arah agar pemahaman terkait karakteristik badan publik yang dilakukan tetap masif. 

Dalam kesempatan yang sama PPID UM, Dr. Juhariyanto, M.Pd., M.M., menyampaikan akan selalu menjamin koordinasi yang sangat intensif dengan KI pusat maupun KI Provinsi. Sebagai perwujudannya, akan dibuat dengan Memorandum of Understanding (MoU) untuk kerjasama yang nyata. Sebagai contohnya adalah dengan mengundang anggota KI pusat untuk melakukan pendampingan di UM. “Harapannya kerja sama ini adalah agar layanan kami khususnya di dalam keterbukaan informasi dari waktu ke waktu semakin baik. Kualitas dan kuantitasnya tetap terasa sehingga komunikasi dan kerja sama yang sudah terjalin tetap berlanjut,” harapnya.

Sementara itu Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., menyatakan bahwa keterbukaan informasi publik ini akan membantu UM go international. Sebagai perguruan tinggi berbadan hukum, UM ditargetkan oleh kementerian tampil di kancah internasional. UM akan terus aktif dan menjalin kerja sama dengan kampus luar negeri sebagai upaya internasionalisasi. “Untuk percepatan internasionalisasi, UM mempunyai target setiap tahunnya terkait  penerimaan mahasiswa asing begitu pula mahasiswa UM yang akan studi ke kampus luar negeri. Bagi UM, makna kegiatan yang terselenggara KI ini akan sangat menjangkau dan memberikan manfaat yang bisa dipetik,” ungkap Rektor.

Dengan kesiapan dan berbagai hal yang telah dilakukan,  KI Pusat sangat mengapresiasi UM terkait upaya untuk mendukung keterbukaan informasi. Disampaikan pula keterbukaan informasi ini sebetulnya hal ini berkaitan dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan harapan Ketua KI Pusat mahasiswa memang memilih yang terbaik di UM.

Pewarta: Luthfi Maulida – Internship Humas UM