image_pdf

Poor. Dalam rangka menjaring mahasiswa berprestasi, Universitas Negeri Malang (UM) sukses gelar Pekan Ilmiah, Olahraga dan Seni bagi Mahasiswa Baru Angkatan 2022 (PIOS MABA). PIOS MABA yang digelar pada Oktober lalu sukses menjaring mahasiswa baru berprestasi, baik di bidang ilmiah, olahraga, maupun seni dan juga sebagai wadah silaturahmi. Mahasiswa yang berprestasi kemudian diberikan penghargaan pada Awarding Night PIOS MABA & Ormawa of The Year yang digelar pada Rabu (16/11). 

Malam penghargaan tersebut dihadiri oleh Rektor UM, WR 1 UM, Direktur Kemahasiswaan UM, Para Dekan dan pengurus ormawa UM. Kegiatan tersebut merupakan suatu rangkaian acara yang menjadi wadah untuk mengapresiasi mahasiswa UM. Sebagai bentuk apresiasinya, UM memberikan penghargaan kepada mahasiswanya. Terdapat dua bentuk penghargaan, yakni: berupa trophy dan medali untuk masing-masing juara sesuai dengan kategori lomba yang mereka ikuti.

 

Sedangkan Awarding Night yang mencakup penghargaan untuk Ormawa adalah kegiatan puncak dari serangkaian kegiatan PIOS MABA yang dalam 2 tahun terakhir dilaksanakan secara daring.  Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk saling memberikan evaluasi untuk perbaikan organisasi non pemerintahan maupun pemerintahan yang ada di UM. Harapannya, mahasiswa UM dapat terus meningkatkan performanya hingga semakin baik kinerjanya.

Ketua Pelaksana, Jihad Alif mengatakan bahwa hasil yang diraih merupakan satu hal yang harus disyukuri. “Apapun hasilnya kita syukuri bersama. Dan kalau belum menjadi juara semoga bisa menjadi evaluasi untuk kita sendiri.” ujarnya

Hal ini selaras dengan harapan Direktur Kemahasiswaan, Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes, Ph.D yang menyatakan bahwa hal tersebut adalah momentum untuk merevisi diri menjadi lebih baik. “Semoga ini menjadi momentum untuk kita merevisi diri menjadi lebih baik. Semoga di masa depan kita dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di tahun ini.” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., berpesan bahwa PIOS MABA merupakan langkah awal untuk menuju kesuksesan prestasi di level regional dan internasional. Beliau berharap agar mahasiswa UM dapat memberikan kontribusi yang lebih maksimal, bukan semata-mata untuk kepentingan universitas, tetapi untuk diri sendiri, warga, bangsa, dan negara. 

UM tak main-main dalam mencetak mahasiswa dengan potensi unggul. “Kami dihadiahi dua peristiwa yang luar biasa. Tidak ada alasan lagi bagi mahasiswa UM untuk merasa dirinya lebih rendah, merasa inferior dibanding dengan mahasiswa perguruan tinggi lainnya.” pungkas Rektor UM.

Pewarta: Mega Tri Utami – Internship Humas UM